Sukses

3 Wisata di Tanjung Pinang yang Wajib Dikunjungi, Patung Seribu Wajah hingga Kuliner Gonggong

Ada 3 wisata di Tanjung Pinang Kepri yang wajib dikunjungi, mulai dari patung seribu wajah hingga warung gonggong yang nikmat.

Liputan6.com, Batam - Walau luasnya hanya sekitar 8.270 kilometer persegi, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki banyak wisata alam dan heritage yang wajib dikunjungi.

Seperti di Ibu Kota Kepri yakni Kota Tanjung Pinang, ada banyak destinasi wisata yang bisa memberikan pengalaman berkesan saat bertandang ke kota ini.

Liputan6.com merangkum tiga wisata yang wajib dikunjungi ketika berlabuh ke Kota Tanjung Pinang yang penuh dengan ragam penduduknya.

1. Vihara Patung Seribu Wajah 

<p>Vihara Patung Seribu Wajah di Jalan Asia Afrika Kilometer 14 Tanjung Pinang Kepulauan Riau (Kepri) (Liputan6.com / Nefri Inge)</p>

Salah satu wisata yang tidak boleh dilewatkan adalah berkunjung ke Vihara Ksitigarbha Bodhisatvva Tanjung Pinang Kepri.

Tempat peribadatan umat Buddha yang dikenal dengan Vihara Patung Seribu Wajah ini, berada di Jalan Asia Afrika Kilometer 14 Tanjung Pinang Kepri.

Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orangnya, untuk mengagumi ukiran-ukiran khas Tiongkok dan patung-patung dengan beragam karakter wajah.

Saat pertama kali sampai, pengunjung akan disambut dengan gapura megah dengan ukiran yang khas dan pilar besar yang menjadi simbol selamat datang.

Di sisi kanan, ada patung dengan tangan terbuka. Simbol tangan terbuka tersebut bermakna kemurah hatian yang dipercaya umat Buddha.

Saat masuk ke areal vihara, pengunjung langsung disambut patung Buddha yang besar, yang dipasang pagar berwarna hitam.

Di bagian belakang patung besar itu, ada lorong untuk memasuki kawasan patung seribu wajah yang menakjubkan. Patung yang dikenal dengan seribu wajah tersebut, ternyata hanya berjumlah sekitar 500-an unit patung.

Wajah patung tersebut berbeda-beda karakter, namun disebut sebagai refleksi Thousand Face of Buddha, salah satunya patung Lohan atau pelayan Buddha.

Patung seribu wajah itu dibuat dari granit-granit muda yang diterbangkan langsung dari Tiongkok atau Negara Tirai Bambu. Bahkan pengerjaannya dibuat sepotong-potong dari Tiongkok, lalu dikirim ke Tanjung Pinang Kepri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Warung Gonggong

Tidak sah rasanya jika plesiran ke Tanjung Pinang Kepri, tanpa mencicipi makanan laut khas di sana, yakni gonggong.

Siput laut dengan cangkang berwarna dimasak dengan kematangan yang pas, sehingga daging siputnya begitu kenyal dan lembut.

Tak hanya gonggong yang disediakan di Warung Ummi yang terletak di kawasan Dompak, tepatnya di depan Pelabuhan Roro Tanjung Pinang Kepri, di warung sederhana ini, pengunjung juga bisa menikmati beraneka makanan seafood lainnya. Seperti kepiting saus padang, kerang buluh, udang asam manis, cumi goreng krispi, sup ikan kerapu dan lainnya.

Tapi bagi pengunjung yang memiliki riwayat kolesterol atau darah tinggi, harus waspada ya mengonsumsi seafood ini karena bisa dengan mudah meningkatkan kadar kolesterol atau bikin darah tinggimu bisa kumat. Namun, ada penawarnya, yakni dengan mengonsumsi jus nanas muda yang segar dengan rasa manis yang pas.

3 dari 3 halaman

3. Kafe Puncak

Satu lagi lokasi yang wajib kamu kunjungi untuk menikmati indahnya bentangan alam di Tanjung Pinang Kepri, dijamin tak akan menyesal bertandang ke sini.

Pemandangan indah Kota Tanjung Pinang di malam hari bisa dilihat di Cafe Sedaun, yang letaknya berada di Jalan Puncak Indah di Bukit Cermin Tanjung Pinang Kepri.

Pengunjung bisa naik ke lantai dua atau lantai tiga di kafe yang berada di antara pemukiman rumah warga. Di sana, pengunjung bisa melihat rumah-rumah warna dengan warna-warni lampu yang gemerlap.

Bahkan, jika cuaca mendukung, pengunjung bisa melihat kerlap-kerlip bintang yang berkilauan di langit. Rembulan yang bersinar pun terlihat begitu menawan, yang bisa disaksikan dengan mata telanjang dan diabadikan melalui kamera ponsel.

Untuk menunya sendiri, Cafe Sedaun ini menyediakan beragam makanan berat hingga cemilan nikmat, mulai dari mi goreng, nasi goreng, nasi ayam, nasi bebek, soto ayam, dan lainnya dengan harga mulai dari Rp10.000-an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini