Sukses

Daftar Lengkap Pemenang Ballon d'Or 2023, Messi Raih Gelar ke-8

Ajang bergengsi Ballon d'Or 2023 telah resmi digelar pada Selasa (31/10/2023) dini hari di Paris. Sosok Lionel Messi berhasil menjadi juara dan meraih gelarnya yang ke-8.

Liputan6.com, Bandung - Ajang bergengsi Ballon d’Or 2023 telah resmi digelar pada Selasa (31/10/2023) dini hari WIB di Theatre du Châtelet, Paris. Dalam acara ini, Lionel Messi sukses meraih Ballon d’Or sekaligus menandakan gelar ke-8 yang ia raih.

Sebelumnya, Lionel Messi mempunyai dua kandidat berat. Di antaranya sosok pemain muda Erling Haaland dan Kylian Mbappe. Namun sesuai prediksi, Messi berhasil meraih gelar tersebut dan menjadi kandidat terkuat.

Adapun kemenangan Messi berdasarkan dari pemungutan suara oleh 100 jurnalis dari negara-negara berperingkat FIFA terbaik. Peraihan gelar ke-8 ini juga menjadi rekor terbaru dalam kariernya.

Messi juga meningkat cukup jauh dari pesaing terdekatnya yaitu Cristiano Ronaldo yang baru mendapatkan penghargaan tersebut sebanyak lima kali. Diketahui, kemenangan Messi juga tidak terlepas dari penampilannya bersama Timnas Argentina dalam Piala Dunia 2022.

Saat itu, Messi dan timnya berhasil menjadi juara dunia usai mengalahkan Prancis di final melalui adu penalti. Dia juga membuat tujuh gol dalam turnamen tersebut sehingga mendapatkan julukan sebagai pemain terbaik.

Sementara itu, pemain Manchester City Erling Haaland juga masih meraih penghargaan sebagai penyerang terbaik di dunia. Melalui ajang tersebut ia berhasil membawa pulang trofi Gerd Mueller.

Tidak hanya itu, Manchester City juga berhasil membawa penghargaan tim terbaik di Ballon d’Or 2023. Kemudian ada beberapa pemain ternama lainnya yang meraih penghargaan-penghargaan bergengsi dari acara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Pemenang

Seperti disebutkan sebelumnya, sosok Lionel Messi berhasil meraih gelar Ballon d’Or tahun ini. Adapun untuk dari pemain wanitanya sosok Aitana Bonmati dari Barcelona Femeni berhasil meraih Ballon d’Or Feminin.

Sementara itu sosok pemain muda Erling Haaland juga meraih trofi Gerd Muller Trophy dan timnya meraih juara tim terbaik. Melansir dari sportstar berikut ini adalah daftar pemenang yang meraih penghargaan di acara Ballon d’Or 2023:

1. Ballon d’Or: Lionel Messi (Paris Saint-Germain/Inter Miami)

2. Ballon d’Or Feminin: Aitana Bonmati (Barcelona Femeni)

3. Gerd Muller Trophy: Erling Haaland (Manchester City)

4. Yashin Trophy: Emiliano Martinez (Aston Villa)

5. Men’s Team of the Year: Manchester City

6. Women’s Team of the Year: Barcelona Femeni

7. Socrates Trophy: Vinicius Junior (Real Madrid)

8. Kopa Trophy: Jude Bellingham (Borussia Dortmund/Real Madrid).

3 dari 3 halaman

Ajang Paling Bergengsi

Ballon d’Or merupakan sebuah ajang penghargaan sepak bola paling bergengsi yang selalu digelar secara tahunan. Ajang ini pertama kali dibuat oleh penulis majalah France Football bernama Gabriel Hanot.

Saat itu Gabriel Hanot meminta rekan-rekannya untuk memilih siapa pemain terbaik di Eropa pada 1956. Awalnya para wartawan hanya bisa memilih pemain asal negara Eropa yang bermain di klub Eropa saja.

Namun sejak 1995 aturan tersebut kemudian diubah dan membuat pemain-pemain di luar Eropa mempunyai kesempatan yang sama. Sejak saat itu penghargaan ini menjadi ajang tahunan yang mendunia dan dinantikan oleh para penggemar sepak bola.

Diketahui, pemilihan pemenangnya juga berasal dari para jurnalis dari seluruh dunia terutama jurnalis dari negara yang berperingkat FIFA terbaik. Melansir dari Sportsadda tidak hanya pemain sepak bola laki-laki saja saat ini para pemain wanita juga mempunyai penghargaan yang sama.

Penghargaan untuk perempuan digelar sejak 2018 dengan versi penghargaan bertajuk ‘Ballon d’Or Feminin’. Kemudian orang-orang yang terpilih penghargaan Ballon d’Or merupakan para pemain yang dinilai mempunyai penampilan impresif dalam kariernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini