Sukses

3 Fakta Menarik Lagu Terakhir The Beatles Hadirkan Suara John Lennon Menggunakan AI

Lagu Now And Then ditulis dan dinyanyikan oleh John Lennon, dikembangkan dan dikerjakan oleh Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr. Lagu itu baru diselesaikan Paul dan Ringo setelah 40 tahun.

Liputan6.com, Yogyakarta - Grup musik legendaris The Beatles akan merilis lagu dengan suara mendiang John Lennon pada 2 November 2023. Menariknya, suara John Lennon dihadirkan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Dikutip dari laman Antara, lagu berjudul Now and Then akan menjadi lagu terakhir The Beatles. Perusahan rekaman Universal Music Group telah mengonfirmasi kabar tersebut.

Lagu Now And Then ditulis dan dinyanyikan oleh John Lennon, dikembangkan dan dikerjakan oleh Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr. Lagu itu baru diselesaikan Paul dan Ringo setelah 40 tahun.

Berikut fakta-fakat menarik lagu terakhir The Beatles yang akan dinyanyikan John Lennon menggunakan AI.

1. Tentang Lagu Now and Then

Proses produksi lagu Now And Then dimulai pada akhir 1970-an. Kala itu, John Lennon melakukan rekaman demo dengan vokal dan piano di rumahnya di The Dakota, New York.

Istrinya, Yoko Ono menyerahkan rekaman lagu tersebut ke Paul, George, dan Ringo beserta rekaman lagu John lainnya seperti Free As A Bird dan Real Love. Kedua lagu tersebut nantinya akan menjadi lagu terbaru The Beatles yang dirilis pada 1995 dan 1996.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vokal Mendiang John Lennon

2. Vokal Mendiang John Lennon

Pada 2022, Paul dan Ringo bekerja untuk menyelesaikan lagu dengan suara vokal dari John Lennon yang dihidupkan kembali melalui teknologi. Suara vokal John Lennon, lagu tersebut juga berisi lantunan gitar akustik dan elektrik yang direkam pada 1995 oleh George.

Bunyi drum terbaru dari Ringgo, dan bagian bass, gitar, dan piano dari Paul yang menyerupai aransemen asli yang dimainkan John Lennon.

3. Teknologi AI yang Digunakan The Beatles

Teknologi AI digunakan dalam proses produksi lagu terakhir dari The Beatles. Teknologi tersebut sebelumnya telah digunakan oleh sutradara Peter Jackson dalam membuat suara yang mirip dengan masing-masing anggota The Beatles, termasuk John Lennon.

Suara John Lennon yang dihadirkan melalui teknologi MAL atau Machine Audio Learning suatu pengalaman yang emosional. Rekaman suara tersebut paling dekat dengan suara asli vokal John Lennon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.