Sukses

Liburan Akhir Pekan Menantang, Bercanda dengan Hiu Paus yang Ramah di Bone Bolango

Ikan raksasa dengan nama latin Rhincodon typus itu setiap hari menyapa wisatawan yang datang. Pelancong bahkan bisa melihat secara dekat sambil memberi makan ikan tersebut. Lokasi Wisata Hiu paus itu berada di Bone Bolango, Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo - Saat akhir pekan bingung mau berlibur ke mana? Ayo datanglah ke Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolano. Di sana kita bisa menjumpai hiu paus ramah yang menetap di laut Gorontalo.

Ikan raksasa dengan nama latin Rhincodon typus itu setiap hari menyapa wisatawan yang datang. Pelancong bahkan bisa melihat secara dekat sambil memberi makan ikan tersebut.

Tidak ada yang perlu ditakutkan dengan ikan ini, selain ramah, ikan ini sudah cukup lama bersahabat dengan warga lokal. Hiu paus ini sudah menetap sejak dulu Teluk Tomini.

"Saat datang ke Gorontalo, kalau ingat Desa Botubarani pasti kami tidak lupa berkunjung ke wisata hiu paus," kata Rina salah satu wisatawan dari Jakarta.

Wisata hiu paus Bone Bolango tidak hanya sekedar melihat hiu paus saja. Namun, kita diperbolehkan untuk mendekati sembari memberi makan hiu paus yang sepertinya sudah bersahabat dengan manusia.

"Asyik memang, untuk makanan hiu kita bisa beli di lokasi wisata yang dijual warga lokal. Dengan makanan itu, kawanan hiu paus raksasa akan mendekat," ungkapnya.

Menariknya, kawanan hiu paus tersebut seakan tidak takut lagi dengan manusia. Entah orang orang lokal maupun pengunjung, di mata hiu adalah sama. Hanya dengan menepuk air beberapa kali, hiu akan datang mendekat.

"Ikan raksasa itu seperti peliharaan mereka. Nelayan lokal memanggil dengan cara unik, jadi menarik sekali didokumentasikan," ungkapnya.

"Di sini juga disediakan alat snorkeling dan diving yang bisa disewa oleh pengunjung. Akhir pekan dengan cuaca cerah adalah yang paling bagus melancong," imbuhnya.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hiu Hilang dan Kembali

Salah satu anggota tim monitoring Dinas Pariwisata Kabupaten Bonebol, Iman Tilahunga mengatakan, saat ini wisata hiu paus banyak didatangi oleh warga negara asing untuk berwisata hingga melakukan penelitian.

"Saat ini pengunjung yang paling banyak adalah bule dari berbagai negara. Mereka rela merogoh kocek mahal demi bertemu hiu paus Gorontalo," kata Iman.

Iman mengaku, Jika saat ini ada dua ekor hiu paus yang bisa dijumpai. Meskipun kadang menghilang, kawanan hiu paus tetap akan kembali ke Desa Botubarani dan menyapa para wisatawan.

"Saat ini yang terlihat ada dua ekor besar, biasanya sampai empat ekor hingga lima ekor. Memang kita harus akui, jika hiu ini sering hilang tetapi dia akan kembali dan menetap lama," ujarnya

"Jadi ketika datang ke Gorontalo, wisatawan harus mencari informasi terlebih dahulu jika saat ini kawanan hiu menampakan dirinya atau tidak, agar kita bisa bertemu mereka," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.