Sukses

Sinopsis Rush Hour, Film Aksi Komedi Jackie Chan dan Chris Tucker

Film Rush Hour merupakan film bergenre aksi komedi yang diperankan oleh Jackie Chan dan Chris Tucker. Film ini menjadi film yang sukses dan mempunyai beberapa sekuelnya.

Liputan6.com, Bandung - Film Rush Hour merupakan film bergenre aksi komedi Jackie Chan dan Chris Tucker yang telah tayang perdana sejak 1998. Film ini juga tayang di salah satu televisi nasional Indonesia pada Senin (16/10/2023).

Rush Hour disutradarai oleh Brett Ratner yang sebelumnya pernah membuat film-film populer seperti ‘X-Men: The Last Stand’ hingga film ‘Hercules’. Adapun film ini  ditulis oleh Ross LaManna dan Jim Kouf.

Berdurasi 1 jam 38 menit film ini mempunyai rating usia 13 tahun ke atas dengan jalan cerita aksi menarik yang dibalut komedi. Kisahnya menceritakan tentang seorang inspektur asal Hong Kong yang dikenal setia dan siap bekerja sama dengan detektif L.A.P.D.

Kolaborasi ini dilakukan untuk bisa menyelamatkan putri konsul Tiongkok yang mengalami penculikan. Keduanya tidak hanya mencari anak yang diculik tetapi juga harus menangkap penjahat berbahaya di sepanjang perjalanannya.

Film Rush Hour sendiri saat ini sudah mempunyai tiga sekuel setelah tayang perdana di tahun 1998. Terdapat dua film kelanjutannya yaitu Rush Hour 2 yang tayang pada 2001 dan Rush Hour 3 yang tayang pada 2007.

Selain itu, beredar kabar bahwa film ini akan kembali muncul dengan sekuel Rush Hour 4 namu belum diketahui kapan tayangnya.

Namun kedua aktor utamanya yaitu Jackie Chan dan Chris Tucker telah mengonfirmasi produksi film tersebut pada Maret 2023 lalu.

Tentunya banyak penggemar yang menantikan kehadiran film tersebut mengingat film terakhirnya tayang pada 2007 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Rush Hour (1998)

Rush Hour menceritakan tentang seorang detektif bernama Lee (Jackie Chan) yang bekerja untuk kepolisian kerajaan Hong Kong. Namun, saat ini Lee dipindahtugaskan ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Bukan tanpa sebab kepindahannya harus dilakukan karena putri dari seorang konsultan Hong Kong bernama Solon Han (Tzi Ma) diculik oleh Sang (Ken Leung). Sang dikenal sebagai tangan kanan dari pimpinan komplotan penjahat bernama Juntao.

Putri dari Solon Han sendiri bernama Soo Yung Han (Julia Hsu) dan mengalami penculikan ketika ia dalam perjalanan menuju sekolah. Solon pun meminta bantuan Lee untuk bisa mencari anaknya tersebut.

Sementara itu, pihak FBI takut jika keterlibatan Lee dalam kasus ini menjadi perhatian dari mata internasional. Maka dari itu FBI memanggil detektif James Carter (Chris Tucker) untuk mengawasi gerak-gerik dari Lee, sejak itu perjalanan dari kedua detektif tersebut semakin menarik.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemeran Rush Hour (1998)

Berikut ini adalah daftar pemeran film Rush Hour (1998):

1. Jackie Chan sebagai Lee.

2. Chris Tucker sebagai Carter.

3. Ken Leung sebagai Sang.

4. Tom Wilkinson sebagai Griffin.

5. Tzi Ma sebagai Konsultan Han.

6. Julia Hsu sebagai Soo Yung.

7. Chris Penn sebagai Clive.

8. Rex Linn sebagai Agen Whitney.

9. Mark Rolston sebagai Agen Russ.

10. Elizabeth Pena sebagai Johnson.

4 dari 4 halaman

4 Fakta Menarik Film Rush Hour

1. Sukses Besar

Film Rush Hour termasuk menjadi film yang sukses besar karena ketika debut di box office film ini berhasil mendapatkan pendapatan kotor #33 juta. Sehingga keuntungan dari anggaran kembali seperti semula dan secara keseluruhan film ini menghasilkan $140 juta di dalam negeri dan $244,4 juta di seluruh dunia.

2. Disney sempat meragukan film Rush Hour

Diketahui kepala yang berkuasa di Disney saat itu tidak percaya dengan film Rush Hour karena khawatir tentang anggaran. Ia juga khawatir tentang Jackie Chan sebagai co-leadnya dan akhirnya memutuskan untuk turnaround dari proyek film tersebut.

Namun meskipun dilepas masih ada beberapa studio yang tertarik dengan proyek film Rush Hour. Adapun setelah tayang film ini ternyata berhasil sukses besar dan mempunyai penggemar yang luar biasa.

3. Sutradaranya penggemar Jackie Chan

Sutradara film Rush Hour (1998) yaitu Brett Ratner ternyata penggemar dari karya-karya Jackie Chan di Hong Kong. Melalui film ini ia juga ingin memberi penghormatan kepadanya dengan beberapa adegan bagus yang mungkin tidak familiar dengan penonton.

Bahkan sang sutradara jug sengaja menggunakan kembali potongan-potongan adegan aksi dari film-film Jackie Chan di Hong Kong dalam film Rush Hour.

4. Menghasilkan Sekuel Film lain dan Adaptasi TV

Kesuksesan Rush Hour membuat film ini mempunyai sekuel-sekuel filmnya yang sama-sama berhasil. Saat ini sudah ada dua film sekuelnya yaitu Rush Hour 2 (2001) dan Rush Hour 3 (2007).

Pada Maret 2023 film Rush Hour keempat juga dikabarkan sedang diproduksi dan kembali menampilkan aksi komedi dari Jackie Chan dan Chris Tucker. Selain itu film ini juga menghasilkan serial TV berjudul sama yang tayang di CBD pada 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini