Sukses

5 Fakta Menarik Lim Young Woong Raih 5 Piala The Fact Musik Awards 2023, Saingan Berat BTS

Sebelum menarik perhatian di ajang The Fact Music Awards 2023, Lim Young Woong pernah menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar global karena menduduki peringkat nomor satu di situs musik Korea selama comeback BLACKPINK pada 2020.

Liputan6.com, Yogyakarta - Lim Young Woong menjadi sorotan usai meraih lima piala The Fact Musik Awards 2023. Penyanyi ballad dan trot Korea Selatan tersebut harus bolak-balik ke atas panggung ajang perhargaan yang digelar di Namdong Gymnasium, Incheon, Korea Selatan, Selasa (10/10/2023).

Pria 32 tahun itu meraih lima penghargaan, antara lain FAN N STAR Choice Award – Most Votes (Solo), FAN N STAR Choice Award – Solo, Best Ads Awards, Artist of the year, dan Best Winter Music. Lim Young Woong disebut-sebut saingin berat V dan Jimin BTS dalam ajang tersebut.

Sebelum menarik perhatian di ajang The Fact Music Awards 2023, Lim Young Woong pernah menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar global karena menduduki peringkat nomor satu di situs musik Korea selama comeback BLACKPINK pada 2020.

Dia menduduki peringkat #1 di Soribada dan Genie dan mengalahkan BLACKPINK dalam mendapatkan All Kill di situs musik. Sejak saat itu nama Lim Woo Young mulai dikenal oleh para penggemar Kpop karena merupakan saingan yang tidak dapat dianggap remeh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta menarik idol Kpop Lim Young Woong.

1. Mulai Debut dari Kontes Menyanyi

Lim Young Woong memulai debutnya pada 8 Agustus 2016. Dia debut dengan lagu berjudul "Hate You" dan "Shower".

Setahun kemudian dia merilis "What's Important". Sebelum debut, Lim Young Woong merupakan anggota dari tim vokal Awesome Bla.

Setelah muncul dalam episode SBS Fantastic Duo Lee Soo-young pada 2016, Lim Young Woong menarik perhatian dengan suara dan bakatnya yang cemerlang. Lim Young Woong mulai dikenal publik setelah muncul di acara kompetisi Mr Trot di stasiun televisi TV Chosun.

Penyanyi kelahiran 16 Juni 1991 itu sukses jadi pemenang dari total 17.000 pendaftar. Sebelum bergabung dengan program tersebut, Lim Young Woong telah memenangi banyak kompetisi menyanyi trot hingga menandatangani kontrak dengan Mulgogi Music dan debut sebagai penyanyi trot pada 2016 lewat single "Hate You".

Sebagai seorang yang kembali hebat dalam industri musik dan periklanan, dia mendapatkan gelar Mr Hero saat itu. Lim Young Woong telah merilis lagu-lagu dalam berbagai genre yang bahkan tidak berhubungan dengan trot.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Basis Penggemar yang Unik

2. Basis Penggemar yang Unik

Musik trot adalah genre pop Korea tertua yang populer di kalangan orang Korea yang lebih tua. Tidak heran jika banyak penggemar Lim Young Woong yang datang dari kalangan orang-orang yang sudah berumur.

Bahkan, mereka senantiasa memberikan dukungan dengan melakukan vote pada setiap kompetisi yang terdapat nama Lim Young Woong di dalamnya. Penggemar tertuanya berusia 71 tahun yaitu seorang wanita bernama Kim Im Kyung.

Di apartemennya yang memiliki tiga kamar di Seoul, Kim Im Kyung mengubah satu ruangan menjadi ruangan yang didedikasikan untuk Lim Young Woong. Kim Im Kyung menghias ruangan tersebut dengan poster-posternya dan koleksi merchandise penggemar seperti lightstick dan photocard.

Album Lim Young Woong dengan 12 track telah mencapai kesuksesan yang luar biasa, setelah terjual lebih dari 1,1 juta copy.

 

3 dari 4 halaman

Penguasa Chart Melon Top 100

3. Penguasa Chart Melon Top 100

Lim Young Woong mengukuhkan posisinya sebagai penguasa chart Melon. Kecintaan masyarakat lokal Korea Selatan pada musiknya sebesar itu sampai-sampai Lim Young Woong bisa 'mengacaukan' urutan lagu-lagu yang ada di Melon Top 100.

Lim Young Woong bahkan lebih populer dibanding grup idola ZEROBASEONE, Wanna One, hingga IZ*ONE. Uniknya, ia berhasil menguasai tangga lagu Melon Top 100 meski genre musik dibawakan bukanlah musik pop.

Namun, musik dan lirik yang dibawakan Lim Young Woong terbukti bisa menyentuh hati masyarakat luas. Beberapa minggu terakhir, lagu-lagu dari album IM HERO miliknya masuk di Melon Top 100.

Lagu-lagu lama miliknya juga meroket setelah kabar Lim Young Woong akan merilis single baru. Lagu-lagu lama Lim Young Woong pun melesat ke posisi 50 besar.

Tercatat pada Selasa (10/10/2023), ada 13 lagu Lim Young Woong yang ada di Melon Top 50 termasuk lagu baru berjudul Do or Die.

 

4 dari 4 halaman

Dapat Banyak Penghargaan

4. Dapat Banyak Penghargaan

Lim Young Woong telah memenangkan banyak penghargaan dalam berbagai kategori. Dia telah menerima banyak penghargaan populer, seperti Penyanyi Trot Terbaik.

Dia memenangkan banyak kategori seperti Best Trot Award, Popularity Award, Song of the Year, Music video of the Year, Grand Prize – Trot of the Year (Daesang), Artist of the Year (Daesang), dan Digital Bonsang (Main Prize). Lim Young Woong juga sukses dan menjadi perbincangan setelah membawa pulang empat piala di Seoul Music Awards 2022 dengan salah satu kategori penghargaan OST Award.

Terbaru, Lim Young Woon meraih lima penghargaan The Fact Musik Awards 2023, antara lain FAN N STAR Choice Award – Most Votes (Solo), FAN N STAR Choice Award – Solo, Best Ads Awards, Artist of the year, dan Best Winter Music.

5. Duduki Puncak Popularitas

Lim Young Woong sukses menyalip grup BTS dan solois IU pada Oktober 2021 puncaki peringkat reputasi merek penyanyi di Korea Selatan. Lim Young Woong mendapatkan 16 juta poin dalam penilaian reputasi merek yang dilihat dari partisipasi konsumen, komunikasi, serta aktivitas di media dan komunitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini