Sukses

Bergadang Bisa Sebabkan Dehidrasi, Ini Tips Minum Air Mineral yang Tepat

Risiko gangguan tidur seperti insomnia, kelelahan kronis, dan penurunan fungsi kognitif dapat meningkat ketika pola tidur kita terganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Bergadang seringkali menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Namun, kebiasaan bergadang ini bisa berdampak buruk pada kesehatan kita jika tidak diimbangi dengan asupan air mineral yang cukup.

Bergadang dapat mengganggu pola tidur kita dan berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan mental, seperti peningkatan risiko depresi dan kecemasan.

Risiko gangguan tidur seperti insomnia, kelelahan kronis, dan penurunan fungsi kognitif dapat meningkat ketika pola tidur kita terganggu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami bagaimana kita dapat merawat tubuh kita ketika kita memilih untuk bergadang.

Banyak pekerjaan yang memerlukan jadwal kerja malam atau tugas yang harus selesai secepat mungkin. Pertemuan, pesta, atau acara sosial seringkali berlangsung di malam hari.

Film, acara TV, atau permainan video seringkali menjadi alasan kita begadang. Beberapa orang bahkan merasa lebih kreatif di malam hari dan memilih bergadang untuk mengerjakan proyek-proyek pribadi.

Air mineral adalah komponen penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Bergadang seringkali berarti kita kurang tidur, dan kekurangan tidur dapat menyebabkan dehidrasi.

Mengonsumsi air mineral secara teratur membantu menggantikan kehilangan cairan akibat begadang. Selain itu, air mineral membantu menjaga fungsi organ-organ vital seperti ginjal, otak, dan jantung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Bergadang

Atur Jadwal Tidur

Cobalah untuk menjaga jadwal tidur yang teratur, bahkan saat Anda begadang sesekali. Ini membantu tubuh beradaptasi dengan perubahan.

Batasi Kafein dan Gula

Hindari minuman berkafein dan makanan tinggi gula saat begadang, karena ini dapat mengganggu tidur Anda.

Istirahat Sesekali

Cobalah untuk memberi diri Anda istirahat singkat setiap beberapa jam saat begadang agar otak Anda tetap segar.

Luangkan Waktu untuk Tidur

Pastikan Anda mengalokasikan waktu untuk tidur yang cukup setelah bergadang untuk memulihkan diri.

Namuh, banyak kondisi yang memaksa kita untuk bergadang, atau memang sudah jadi kebiasaan yang pada akhirnya begadang menjadi rutinitas.

3 dari 3 halaman

Seimbangkan dengan Air Mineral:

1. Minumlah air secara teratur saat bergadang. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air sehari, termasuk selama jam-jam bergadang.

2. Hindari minuman dengan kadar kafein berlebihan. Kafein dapat menyebabkan dehidrasi, jadi batasi konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya ketika tengah bergadang.

3. Jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral ketika merasa haus. Rasa haus adalah tanda bahwa tubuh Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

4. Sertakan makanan dengan kadar air tinggi dalam camilan Anda saat bergadang. Buah-buahan seperti semangka, melon, dan mentimun adalah pilihan yang baik.

5. Pertimbangkan untuk mengonsumsi minuman elektrolit jika Anda bergadang dalam waktu yang panjang. Minuman ini membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat keringat.

Bergadang mungkin diperlukan dalam kehidupan kita, tetapi penting untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi air mineral yang cukup. Dengan menjaga hidrasi tubuh Anda.

Anda dapat mengurangi risiko dampak negatif bergadang pada kesehatan Anda. Jadi, jangan lupa minum air mineral saat Anda memutuskan untuk bergadang, dan pastikan Anda memberi tubuh Anda perawatan yang layak.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.