Sukses

Mahasiswi UMY yang Tewas Jatuh dari Lantai 4 Dimakamkan di Bandarlampung

Berdasarkan pantauan, di rumah duka sekira pukul 9.50 Wib, pada Selasa (3-10), sudah ramai pentakziah berdatangan

Liputan6.com, Lampung Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berinisial SM 18 tahun, tewas usai jatuh dari lantai empat University Residence (Unires) Putri UMY, pada Senin 2 Oktober 2023.

Berdasarkan pantauan, di rumah duka sekira pukul 9.50 Wib, pada Selasa (3-10), sudah ramai pentakziah berdatangan mengucapkan bela sungkawa. 

Mahasiswi itu merupakan warga Kelurahan Jagabaya II, Kecamatan Wayhalim, Kota Bandarlampung, tercatat masih duduk di semester satu Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol).

Almarhum SM akan dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Jagabaya II, Jalan Belia, Kelurahan Jagabaya II, kota setempat, pada Selasa 3 Oktober 2023.

"Iya dimakamkan hari ini, saat ini keluarga masih menunggu. Informasinya amblunce yang membawa almarhum masih berada di kapal menuju Bandar Lampung," ucap Vero, warga Jagabaya II saat ditemui di rumah duka. 

Vero mengatakan, setibanya nanti almarhum akan di shalati terlebih dahulu di rumah duka sebelum dimakamkan. 

"Nanti dishalati dulu, baru langsung di makamkan di TPU Jagabaya II," sebutnya. 

Saat ini pihak keluarga masih menunggu kedatangan jasad almarhum dari Yogyakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kumpulkan Data

Kepala Urusan Hubungan Masyarakat UMY Hijriyah Oktaviani menyatakan masih mengumpulkan data-data terkait kejadian itu.

"Saat ini kami masih mengumpulkan informasi terkait kejadian tersebut, akan kami sampaikan setelah informasinya valid dari beberapa pihak," kata Ria, sapaan Hijriyah Oktaviani kepada wartawan Senin, 2 Oktober 2023, seperti dikutip dari nasional.tempo.co

Adapun Kepala Seksi Humas Polres Bantul Inspektur Satu I Nengah Jeffry menyatakan pihaknya telah menerima laporan kejadian mahasiswi UMY yang jatuh dari asrama tersebut.

Dari olah tempat kejadian perkara dan keterangan sejumlah saksi yang dihimpun di lokasi, menguat dugaan mahasiswi tersebut melakukan bunuh diri dengan cara melompat dari lantai 4 asrama putri tersebut. Tubuh korban sempat membentur genting dan lantai konblok.

"Kejadian berawal ketika salah satu saksi bernama Ustad Talkis Nurdiyanto yang mengerjakan tugas di ruangan Kantor Gedung Y lantai dasar asrama itu mendengar sesuatu terjatuh di luar," kata Jeffry.

Saksi saat itu langsung keluar mengecek dan mendapati korban dalam posisi tertelungkup. Kemudian saksi mencoba melihat kondisi korban namun tidak ada respon. 

Setelah itu saksi meminta bantuan petugas kebersihan asrama bernama Sugeng memindahkan korban di atas di meja ruang belajar bersama lantai dasar asrama itu.

Karena korban tak kunjung merespon, penjaga keamanan asrama itu, Irwan menelpon ambulance. Namun karena ambulance tidak kunjung datang, maka korban segera dilarikan ke rumah sakit PKU Muhammadiyah Gamping Sleman menggunakan mobil pribadi milik saksi.

Sesampai di RS PKU Muhammadiyah Gamping Sleman, hasil pemeriksaaan denyut nadi korban saat itu masih ada. Namun selang 10 menit kemudian, saksi mendapat kabar jika korban sudah meninggal dunia.

"Korban meninggal dengan kondisi luka luka di kepala bagian belakang, luka dalam, patah kaki kiri bagian bawah, lecet lecet pada kaki dan tangan," kata Jeffry.

Dari hasil pemeriksaan polisi kepada para saksi termasuk teman sekamar korban, dugaan bunuh diri dari kejadian itu menguat.

"Dugaan sementara korban mengalami depresi," kata Jeffry.

Sebelum kejadian itu, malam harinya saksi sempat meminum obat sakit kepala sebanyak 20 tablet sekaligus. Hal ini diperkuat dengan temuan bekas bungkus obat sakit kepala itu di kamar korban.

Dari keterangan teman korban, sebelum kejadian itu korban juga sempat berteriak teriak sendiri di kamar dan menangis histeris. 

Saat itu para rekannya membawan korban ke rumah sakit untuk mendapat bantuan medis. Hasilnya puluhan obat sakit kepala yang diminum korban sekaligus berhasil dimuntahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.