Sukses

Google Rayakan Ultah ke-25 dengan Doodle Spesial Hari Ini, Begini Sejarah Berdirinya

Google didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page. Keduanya bertemu sebagai mahasiswa doktoral di program ilmu komputer Universitas Stanford.

Liputan6.com, Jakarta - Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25 dengan doodle khusus pada hari ini, Rabu (27/9/2023). Perusahaan milik Alphabet Inc mengambil “jalur memori berjalan” untuk menandai kesempatan tersebut.

Dengan menampilkan logo berbeda dari lebih dari dua dekade, Google menyampaikan, "Saat di sini di Google kami berorientasi ke masa depan, ulang tahun juga bisa menjadi waktu untuk berefleksi," tulis Google di sebuah blogpost.

Google juga mengatakan bahwa misinya tetap sama yaitu "untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat".

Diketahui, Google didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page. Keduanya bertemu sebagai mahasiswa doktoral di program ilmu komputer Universitas Stanford. Mereka mempelajari ilmu komputer pada akhir 1990-an.

Bekerja di kamar asrama mereka, keduanya membangun mesin pencari yang menggunakan tautan untuk menentukan pentingnya halaman individual di World Wide Web. Mereka menyebutnya Backrub. Itu kemudian diganti namanya menjadi Google.

Kenapa Google? Ya, itu adalah permainan pada ekspresi matematika untuk angka 1 diikuti oleh 100 nol. Brin dan Page ingin “mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat”.

Segera para pendiri pindah ke kantor pertama Google, yang merupakan garasi sewaan. Pada 27 September 1998 Google Inc secara resmi lahir.

"Banyak yang telah berubah sejak 1998 — termasuk logo kami seperti yang terlihat di Doodle — hari ini tetapi misinya tetap sama: untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat. Miliaran orang dari seluruh dunia menggunakan Google untuk mencari, menghubungkan, bekerja, bermain, dan banyak lagi lainnya!."

"Terima kasih telah berevolusi bersama kami selama 25 tahun terakhir. Kami tidak sabar untuk melihat ke mana masa depan membawa kami, bersama."

Berkantor pusat di Mountain View, California, Google sekarang berfokus pada kecerdasan buatan, iklan online, teknologi mesin pencari, komputasi awan, perangkat lunak, dan banyak lagi. Lahir di India, Sundar Pichaiadalah adalah CEO perusahaan dan pengasuh Alphabet.

Saat ini, lebih dari 70 persen permintaan pencarian online di seluruh dunia ditangani oleh Google. Selain mesin pencarinya, Google juga menawarkan beragam layanan dan produk online lainnya, termasuk akun email, browser Web, perangkat lunak produktivitas, berbagi video dan situs jejaring sosial, ponsel dan aplikasi, alat pemetaan, e-book (buku elektronik), dan iklan internet.

Terlepas dari segudang produknya, mesin pencarian Google tetap menjadi inti kesuksesannya. Saat ini, setiap orang yang mencari informasi di internet, pasti mengandalkan Google. Google menjadi salah satu brand paling berharga di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini