Sukses

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Selai Kulit Semangka

Kulit semangka biasanya akan dibuang begitu saja. Tapi ternyata kulit semangka memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan jantung. Kok bisa?

Liputan6.com, Yogyakarta - Kulit semangka ternyata memiliki banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan. Sekelompok mahasiswa UNY  yaitu  Ahmad Widi Nugroho, Amilia Vivi Zusmiarsi, Dea Rizky Saputri, Dwi Fitri Rihardini, Elma Nur Damawanti, Juanda Wicaksono Prabowo, Nur Rita Febri Diana, Puteri La Nina, Riska Arisma, Sherlie Widyasmara, Tresy Litat dan Wahyu Kurniawati membuat selai dari kulit semangka

“Padahal pada lapisan putih kulit dalam semangka memiliki daging buah yang segar berwarna putih kehijauan yang rasanya tawar, mengandung air, vitamin, dan mempunyai banyak manfaat untuk berbagai penyakit,” kata  Ahmad Widi Nugroho Ketua Kelompok 3 Mahasiswa PPG Prajabatan UNY Gelombang II PGSD Kelas C, Jumat 8 September 2023 . 

Ahmad mengatakan bagian putih pada kulit semangka atau albedo ini ternyata sumber pektin yang potensial, karena sebagaimana jaringan lunak tanaman lain, albedo semangka tersusun atas 21,03% senyawa pektin. Oleh karena itu, albedo atau kulit semangka sangat baik untuk dimanfaatkan dan dikembangkan di Indonesia sebagai sumber pangan baru.

 

Amilia Vivi Zusmiarsi mengatakan olahan albedo berupa selai ini adalah makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Buah-buahan yang dipilih untuk dijadikan bahan dalam pembuatan selai adalah buah yang sudah matang, tetapi tidak terlalu matang dan rasanya sedikit asam. 

"Selai termasuk produk olahan pangan yang berasal dari buah-buahan yang disukai oleh banyak orang dan dari berbagai golongan masyarakat, sehingga pembuatan selai ini mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan."

Mahasiswa membuat pelatihan selai dari kulit semangka kepada ibu-ibu PKK Desa Plumbon, Temon, Kulon Progo untuk memberdayakan warga sekitar terutama ekonomi. Cara membuat selai kulit semangka ini menurut Dwi Fitri Rihardini, langkah pertama potong dan pisahkan daging buah semangka dari kulitnya kemudian kupas kulit bagian luar sampai bersih. 

Kulit semangka lalu dipotong kecil-kecil dan dicuci, lalu diblender atau diparut serta disaring. Tiriskan hasil parutan lalu dimasak dengan tambahan gula, vanili dan pewarna hingga teksturnya menyerupai selai.

 “Kulit semangka ini mengandung antioksidan, air 93,4%, karbohidrat 5,3%, lemak 0.1%, serat 0,2%, vitamin A, B, C, mineral serta rendah kalori” paparnya.

Selain itu kulit semangka juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah dan menjaga kekebalan tubuh. Ketua PKK Plumbon, Susi mengatakan pembuatan selai kulit semangka ini sangat bermanfaat bagi warga.

“Sangat menginspirasi dan kedepannya akan dijadikan sebagai produk unggulan UMKM Plumbon,” ujar Susi.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.