Sukses

Kulit Semangka Ternyata Bermanfaat, Salah Satunya Buat Perawatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya dagingnya, kulit buah semangka juga bisa dimakan. Bahkan kulit semangka memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa buah semangkat bisa menyegarkan, rendah kalori, dan lezat. Terlebih dikonsumsi ketika cuaca panas. Hal ini karena buah semangka sebagian besar atau sekitar 90 persen terdiri dari air.

Jika Anda termasuk penggemar buah ini, ketahuilah bahwa kulit buah semangka pun bisa dimakan. Jadi ketika mengonsumsinya, jangan langsung membuang kulit semangka begitu saja ke tempat sampah. Beberapa ahli kesehatan bahkan menyarankan untuk mengonsumsinya karena banyak manfaatnya.

Manfaat Kulit Semangka

Dilansir dari laman lifestyleasia.com, Rabu (27/7/2022), semangka sangat kaya akan vitamin, khususnya vitamin A, C, dan B6.

Tidak hanya itu, semangka juga mengandung nutrisi lainnya, termasuk asam amino citrulline dan antioksidan likopen, keduanya sangat baik untuk kesehatan jantung.

Selain sifat anti-inflamasinya, kulit semangka juga sangat kaya akan potasium, zinc dan magnesium. Tentunya nutrisi itu yang penting untuk mendukung fungsi tubuh.

Di samping itu, kulit semangka bahkan berguna untuk kulit. Beberapa manfaat kulit semangka untuk kulit yaitu dapat menunda penuaan kulit, meningkatkan produksi kolagen dan menghidrasi secara mendalam.

Meskipun rasanya sedikit pahit, seperti kulit jeruk atau lemon, Anda bisa mengunyah kulit semangka bersama dagingnya. Jika tidak ingin seperti itu, Anda bisa menggunakan cara lain dengan membuat bentuk lain, seperti potong dadu atau dalam gazpacho, saus atau pengawet.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati