Sukses

Besok, Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai Beroperasi Gratis

Mulai Rabu, 20 September 2023, pukul 07.00 WIB, Hutama Karya mengoperasikan Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 Kilometer (Km), setelah sebelumnya mengoperasikan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat) sepanjang 12,3 Km sejak 11 Februari 2022.

Liputan6.com, Medan Mulai Rabu, 20 September 2023, pukul 07.00 WIB, Hutama Karya mengoperasikan Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 Kilometer (Km), setelah sebelumnya mengoperasikan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 12,3 Km sejak 11 Februari 2022.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, selama fase pengoperasian, akan dilakukan sosialisasi sistem beroperasi tanpa biaya alias gratis, dan penggunaan kartu uang elektronik.

"Kartu uang elektronik saat ini merupakan alat transaksi yang sangat krusial, terutama di jalan tol. Dikarenakan saat ini sudah serba cashless, sehingga kami imbau bagi pengguna jalan tol yang inginmelintas untuk dapat mengecek keadaan fisik dan saldo kartu uang elektronik terlebih dahulu," kata Tjahjo, Selasa (19/9/2023).

Kartu uang elektronik yang digunakan harus dalam keadaan baik dengan chip kartu yang masih berfungsi, serta memastikan bahwa saldo kartu uang elektronik cukup untuk mengantisipasi terjadinya antrean di gerbang tol akibat kehabisan saldo.

Selama masa sosialisasi, yang belum berbayar hanya Stabat hingga Kuala Bingai dan sebaliknyasaja. Pengguna jalan yang melintas dari arah Binjai ke Stabat atau sebaliknya tetap dikenakan tarif normal.

"Untuk estimasi tarif segmen Stabat-Kuala Bingai akan kami informasikan setelah Kepmentarif jalan tol ini dikeluarkan oleh Kementerian PUPR. Namun dapat diperkirakan sekitar1.262 per Km-nya," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Utamakan Keselamatan

Tjahjo juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan tol dengan terus mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku sesuai dengan tagline kampanyekeselamatan berkendara yang dipelopori oleh Hutama Karya yaitu SETUJU (Selamat Sampai Tujuan).

Dengan 5 poin utama diantaranya yakni SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu, SETUJU pastikan kondisi kendaraan prima, SETUJU tidak ngebut di jalan tol, SETUJU untuk istirahat jika lelah dan SETUJU Zero ODOL di jalan tol.

"Lima poin ini sangat penting sebagai dasar aturan berkendara di jalan tol sehingga kalau lima pointersebut diikuti dengan benar akan mengantisipasi kecelakaan maupun fatalitas di jalan tol," ucap Tjahjo.

3 dari 3 halaman

Kondisi Terkini Jalan Tol

Untuk kondisi terkini jalan tol, Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untukselalu mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo kartu Uang Elektronik (UE), dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Selain itu, agar pengguna jalan tol dapat berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimumsesuai yang dipersyaratkan dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Pengendara juga diingatkan untuk segera beristirahat apabila merasa mengantuk, serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

"Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol agar segera melapor ke Call Centre Tol Binjai-Langsa di 0823-6784-6784," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini