Sukses

Jangan Ragu untuk Minum Air Es Saat Olahraga, Ini Manfaatnya!

Minum air es setelah melakukan aktivitas berat, termasuk olahraga boleh dilakukan. Bahkan, sangat dianjurkan, ketimbang minum air suhu ruang dan air hangat. Kok, bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Saat cuaca sedang terik dan setelah olahraga, air es atau air dingin memang terlihat lebih menggoda ketimbang air hangat. Tapi bolehkah meminum air es setelah tubuh kepanasan usai berolahraga?

Ini mungkin jadi pertanyaan banyak orang, apalagi ada banyak mitos tentang minum air es yang beredar di masyarakat. Salah satunya, banyak minum air es bisa membuat berat badan naik.

Faktanya, minum air es setelah melakukan aktivitas berat, termasuk olahraga boleh dilakukan. Bahkan, sangat dianjurkan, ketimbang minum air suhu ruang dan air hangat.

Diketahui, meminum air es setelah berolahraga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Penasaran? Yuk, simak ulasannya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Minum Air Es Setelah Olahraga

1. Mencegah dehidrasi lebih baik

Banyak orang yang lebih menyukai minum air es setelah berolahraga, dengan begitu mereka jadi lebih banyak mengonsumsi air. Dalam sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi air dingin membuat seseorang minum 50% lebih banyak.

Ini menjadi salah satu cara untuk mengembalikan cairan yang hilang setelah olahraga dan mengatasi dehidrasi. Seperti diketahui, dehidrasi dapat menyebabkan dampak buruk, termasuk heatstroke, gagal ginjal, kejang, dan penurunan volume darah secara drastis.

2. Mencegah suhu tubuh terlalu panas

Seperti diketahui, suhu ini akan meningkat saat berolahraga. Inilah yang menyebabkan kamu berkeringat dan kehilangan cairan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan International Journal of Clinical and Experimental Medicine pada 2013 lalu menemukan bahwa minum air es bisa menjaga suhu inti tubuh tidak terlalu panas. Kondisi ini dapat  mengontrol keluarnya keringat dan membantu mencegah kekurangan cairan atau dehidrasi.

3. Membantu membakar kalori

Ternyata, minum air es setelah olahraga juga bisa membakar kalori lebih baik ketimbang minum air suhu ruang atau air hangat. Fakta ini dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical and Diagnostic Research pada 2013 lalu.

Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa minum 1,5 liter air dingin membantu menurunkan berat badan karena adanya pembakaran kalori ini. Meski begitu, kalori yang terbakar sangatlah sedikit.

4. Mengurangi kelelahan berlebih

Dalam sebuah studi yang diterbitkan Journal of the International Society of Sports Nutrition pada 2012 lalu menyebutkan, bahwa air es mencegah lonjakan suhu inti tubuh yang bisa membuat tubuh terasa lebih lelah.

Tingginya suhu inti bisa menyebabkan dehidrasi, yang berdampak pada kurangnya volume darah hingga oksigen tidak terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh. Kamu pun merasa lelah atau kekurangan energi. 

Artinya, minum air es setelah olahraga bisa membantu mengembalikan stamina tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.