Sukses

Mengupas Mitos Setan Nganji, Cerita Legenda yang Dipercaya Warga Banten

Mitos tentang Setan Nganji merupakan salah satu cerita legenda yang dipercaya warga Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kisah ini, Setan Nganji diceritakan sebagai makhluk supernatural yang muncul di tempat-tempat terpencil dan gelap. Mitos ini memiliki daya tarik tersendiri karena menciptakan suasana misteri dan ketakutan yang mampu memikat imajinasi pendengarnya. Meskipun tak memiliki bukti ilmiah, mitos ini menggambarkan bagaimana budaya lisan dapat memberi bentuk kepada perasaan takut, keberanian, dan hubungan manusia dengan dunia gaib.

Mitos Banten tentang "setan nganji" adalah salah satu cerita urban legenda yang tersebar di kalangan masyarakat. Setan nganji dalam konteks Banten mungkin memiliki variasi cerita yang unik sesuai dengan budaya dan tradisi setempat. Dalam cerita ini, setan nganji sering dikaitkan dengan tempat-tempat terpencil atau tempat yang dianggap angker di daerah Banten. Makhluk ini biasanya digambarkan sebagai entitas jahat atau makhluk supernatural yang muncul di malam hari, seringkali mengambil bentuk menakutkan atau aneh.

Cerita-cerita mengenai setan nganji mungkin menciptakan suasana misteri dan ketakutan, dengan elemen-elemen seperti suara-suara aneh, penampakan yang tidak wajar, atau peristiwa-peristiwa tak terduga yang terjadi di sekitar tempat-tempat yang dikaitkan dengan setan nganji. Beberapa versi cerita mungkin juga mengisahkan pengalaman individu yang mengaku telah bertemu dengan setan nganji dan melaporkan interaksi menakutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mitos Setan Nganji

Setan nganji merupakan cerita yang berkembang secara lisan dan sering kali berfungsi sebagai cerita seram atau legenda yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Biasanya, setan nganji digambarkan sebagai makhluk supernatural atau setan yang muncul di tempat-tempat yang sepi atau gelap, seperti hutan, jalan terpencil, atau tempat terlantar. Cerita-cerita mengenai setan nganji ini sering kali bertujuan untuk memperingatkan orang-orang agar berhati-hati dan tidak berada di tempat-tempat yang berbahaya pada malam hari.

Di daerah Padarincang, Kabupaten Serang, mitos ini masih dipercayai tentang membangkitkan makhluk gaib bernama “Setan Nganji”.

Nganji artinya persetubuhan, hantu juga sering berhubungan seks dengan hantu lainnya. Uniknya, menurut legenda si setan nganji, akan melakukan proses perkawinan sesama, misalnya antara kuntilanak dan pocong atau sebaliknya.

Sekilas mungkin terdengar lucu bagi mereka yang baru mengenalnya, namun jangan salah, mitos ini ternyata cukup menakutkan bagi masyarakat sekitar karena dapat membahayakan kesehatan manusia. 

3 dari 3 halaman

Mitos Setan Nganji

Masyarakat percaya jika setan sudah makan daging, maka tidak boleh ada yang mengganggunya ketika melewati tempat kawin setan. Masalahnya kita tidak tahu di mana setan akan mengadakan perjamuannya. Nah, ketika proses kawin setan ini diganggu, seringkali akan berdampak pada orang yang mengganggunya. 

Selain diikuti oleh sepasang setan, efek mengganggu dari setan nanji ini adalah seringkali tubuh manusia akan timbul jerawat di sekujur tubuh dan sakit kepala. Bahkan, pada beberapa kasus, orang disebut mengalami muntah darah selama beberapa hari.

Kalau untuk kematian sebenarnya tidak ada, tetapi tentunya mitos ini sangat menakutkan dan kebanyakan orang masih bingung dengan obat jika sedang dalam pengaruh setan ganji.

Beberapa orang yang mengalami percaya bahwa obat yang paling efektif untuk efek setan nanji adalah dengan berlari keliling halaman dalam keadaan telanjang di tengah malam. Siapa yang mau melakukan hal tersebut, diyakini penyakit yang menempel di tubuh manusia akan hilang dalam sekejap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini