Sukses

Waspada, Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Wilayah Sulut Kepulauan

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga tanggal 1 September 2023 mendatang.

Liputan6.com, Manado - Warga di daerah Sulut kepulauan diimbau untuk mewaspadai potensi angin kencang yang berpeluang melanda wilayah tersebut. Hal ini disampaikan pihak BMKG Sulut.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga tanggal 1 September 2023 mendatang," sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, Rabu (30/8/2023).

Beberapa wilayah berpeluang dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang.

Dia menjelaskan, pada 30 Agustus 2023 angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara keesokan harinya, tanggal 31 Agustus 2023, kondisi serupa akan terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pada 1 September, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

"Kami berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas. BMKG akan memutakhirkan data atau informasi cuaca melalui kanal-kanal informasi yang ada dan bisa diakses," katanya.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor hingga pohon tumbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.