Sukses

Tukang Becak dan Pemulung Padati Deklarasi Relawan Ganjar Pranowo di Sulawesi Tenggara

Deklarasi relawan Ganjar Pranowo di Sulawesi Tenggara, pemulung dan tukang becak memadati lokasi kedatangan adian Napitupulu.

Liputan6.com, Kendari - Ratusan pemulung dan tukang becak, memadati lokasi deklarasi tim relawan Ganjar Pranowo di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Minggu sore (27/8/2023). Mereka berbondong-bondong memasuki lokasi deklarasi di Lapangan Eks MTQ Kendari. Tukang becak dan kaum buruh, terlihat menonjol dari ribuan relawan lainnya dari 17 kabupaten dan kota Sulawesi Tenggara.

Wakil Koordinator Tim Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo, Adian Napitupulu menghadiri deklarasi. Politisi PDIP ini, memilih menumpangi salah satu becak menuju lokasi deklarasi. Adian ditemani Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara dan tokoh Pospera, Erwin Usman.

 Adian yang awalnya datang ke lokasi deklarasi mengendarai Toyota Alphard, dicegat ratusan tukang becak. Dia pun turun sambil tersenyum, memilih salah satu becak lalu menumpang sejauh 300 meter ke lokasi deklarasi.

Sebelumnya deklarasi, Adian dan Erwin Usman hadir meresmikan kantor tim Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo Sulawesi Tenggara. Dia juga mengukuhkan tim relawan di wilayah dengan 1,8 juta pemilih itu. 

Diketahui, kantor ini merupakan sekretariat pertama tim relawan Ganjar Pranowo yang diresmikan di Indonesia. Selanjutnya, Adian akan meresmikan kantor di Bandung, Jawa Barat. 

Diketahui, saat ini, ada sebanyak 1500 tim relawan Ganjar tersebar di 38 propinsi. Sebanyak 33 diantaranya, terdapat di wilayah Sulawesi Tenggara.

Adian Napitupulu mengatakan, saat ini Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan dari mayoritas rakyat Indonesia. Rekam jejak Ganjar Pranowo menyebabkan dia juga mendapatkan dukungan dari  Presiden Jokowi. Kata dia, Jokowi kerap berpesan, agar masyarakat berhati-hati memilih presiden. 

"Dilihat dari rekam jejaknya, sikapnya selama ini, hal ini menjadi penekanan khusus dari presiden Jokowi," ujar Adian Napitupulu.

Kata dia, kantor tim Relawan bukan untuk mencari suara. Namun, Relawan menjadi ujung tombak perolehan suara Ganjar di Sulawesi Tenggara. Dia juga menegaskan, Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas bisa membantu maksimal tim relawan di Sulawesi Tenggara.

Ketua DPD PDIP Lukman Abunawas mengatakan, PDIP Sulawesi Tenggara mendukung Ganjar karena beberapa alasan kuat. Pertama, Ganjar merupakan sosok birokrasi yang dianggap berhasil menjadi Gubernur. Kedua, sosoknya sederhana dan berpihak kepada masyarakat kecil. 

"Kemudian, dia berasal dari keluarga sederhana, taat agama, apalagi kita ketahui bersama istrinya merupakan salah seorang penghafal Al-Qur'an, itu beberapa alasan yang menggugah kami menetapkan pilihan," kata Lukman. 

Erwin Usman, salah satu pengurus pusat tim relawan pemenangan Ganjar Pranowo mengatakan, kantor relawan di Sulawesi Tenggara menjadi pertama yang diresmikan di Indonesia. Padahal, ada 1.500 lebih tim relawan Ganjar tersebar di berbagai wilayah. 

"Salah satu alasannya, kantor di wilayah Sulawesi Tenggara paling siap anggotanya, kantor pertama dengan infrastruktur dan fasilitas memadai, setelah ini kami resmikan kantor tim relawan di Jawa Barat," kata Erwin Usman. 

Diketahui, dari 1.500 tim relawan Ganjar Pranowo di 38 provinsi, sebanyak 300 tim relawan di antaranya, merupakan bekas tim pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019. Sebanyak 1.200 lainnya, merupakan tim bentukan baru yang bersimpati terhadap Ganjar.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.