Sukses

Ini Sosok Perancang Baju Adat Jokowi Saat HUT RI, Bukan Desainer Ibu Kota tapi dari Solo

Desainer asal Kota Solo Rory Wardana merupakan perancang baju adat yang dipakai Presiden Jokowi saat Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara, Kamis (17/8/2023).

Liputan6.com, Solo - Teka-teki siapa perancang baju adat yang dikenakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara pada Kamis, 17 Agustus 2023 terjawab sudah.

Perancang busana Presiden Jokowi bukan berasal dari Ibu Kota melainkan dari lokal, yakni Kota Solo. Perancang busana itu adalah Rory Wardana yang merupakan perancang langganan sejumlah tokoh asal Solo.

Sebelumnya, ia juga pernah merancang busana untuk Presiden Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo. Busana itu dipakai Jokowi saat mengikuti acara kirab Solo Batik Carnival yang digelar di Kota Solo pada belasan tahun silam.

Kini Presiden Jokowi pun kembali memesan baju yang khusus dipakai saat menjadi inspektur Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara. Mantan Wali Kota Solo itu tampak gagah dan berwibawa memakai busana adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Misteri Si Pemesan

Rory mengaku menerima orderan busana tersebut sekitar dua bulan lalu. Hanya saja saat menerima pesanan pembuatan baju tersebut, dirinya tidak mengetahui jika itu berasal dari Presiden Jokowi.

"Saya malah sebenarnya enggak tahu kalau itu ageman kagem Bapak. Awalnya, yang memesan itu melalui telepon dan langsung ngirim contoh ukuran ke rumah," kata perancang busana asal Solo itu kepada Liputan6.com, Jumat, 18 Agustus 2023.

Setelah itu, lanjut dia, si pemesan itu juga sempat menanyakan terkait busana-busana adat Jawa kepada dirinya. Sebagai orang Jawa, ia pun mengetahui beberapa jenis dan corak busana adat Jawa.

"Dari pemesan itu tanya ageman Jawa gitu-gitu. Nah, saya pun tahu dikit mengenai ageman Jawa yang lain-lain gitu. Saya banyak belajar mencari referensi di perpustakaan kemudian di Keraton Solo dan Keraton Jogja," ujar dia.

Menurut Rory, si pemesan yang merupakan orang kepercayaan Presiden Jokowi itu pun akhirnya memesan untuk dibuatkan busana beskap sikepan dengan rompi putih. Sedangkan, untuk songkok prajuritan yang menjadi penutup kepala merupakan koleksi Presiden Jokowi.

"Jadi yang dipesan ke saya itu busananya bapak yang sikepan dan selop (yang dipakai) bapak. Kemudian serempang yang gold itu sutera. Selain itu atribut lainnya dari bapak,” sebutnya.

 

3 dari 3 halaman

Kaget dan Terharu

Rory mengatakan setelah pembuatan busana itu rampung, kemudian pemesan itu pun datang mengambilnya sekitar satu bulan lalu. Alangkah kagetnya ketika mengetahui bahwa pemesan itu mengungkapkan jika busana itu akan dipakai Presiden Jokowi untuk acara Upacara HUT RI di Istana Negara.

"Waktu pengambilan, saya nanya, ‘Lho ini mau diagem siapa meniko?’. ‘Kemudian dijawab ‘Oh ini mau diagem Pak Jokowi’. Wah saya kaget dan terharu karena yang memesan Pak Jokowi," ucapnya.

Sebagai seorang perancang busana dari Solo, Rory mengaku bangga dan sangat senang karena Presiden Jokowi memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk merancang dan mengerjakan busana tersebut.

"Saya itu kayak nggak percaya. Apalagi kemarin ketika saya diudang ke istana ikut upacara rasanya mau nangis ketika melihat Bapak Presiden Jokowi keluar memakai busananya itu. Saya sampai gemetar dan badan panas dingin karena itu baju yang bikin aku dan serempan yang bikin aku," ucapnya bangga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini