Sukses

Tayang Perdana di TV Sambut HUT RI, Simak Sinopsis Bumi Manusia

Film Bumi Manusia adalah film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer.

Liputan6.com, Bandung - Film Bumi Manusia yang diproduksi pada 2019 lalu tayang secara perdana di televisi dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Film ini cukup spesial karena diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer.

Berdurasi 3 jam, Bumi Manusia disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan menceritakan tentang kisah pria ningrat Jawa dan wanita blasteran Belanda yang saling jatuh cinta.

Mereka jatuh cinta di saat Indonesia dalam upaya merdeka dari jajahan pemerintahan kolonial. Film ini diperankan oleh aktor-aktor ternama Indonesia mulai dari Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, Sha Ine Febriyanti, Giorgino Abraham, hingga Bryan Domani.

Mempunyai genre drama, film ini juga turut mengangkat isu-isu sosial pada masa itu. Simak, sinopsis film Bumi Manusia berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinopsis

Menceritakan kisah Minke (Iqbaal Ramadhan), seorang pribumi yang dikenal pandai dan sangat piawai dalam menulis. Ia juga menempuh pendidikan di Hogere Burger School (HBS) sebuah sekolah untuk anak bangsawan dan keturunan Eropa.

Suatu hari di Surabaya Minke diajak oleh Robert Suurhof (Jerome Kuria) untuk mengunjungi keluarga Mellema di Wonokromo. Kedatangannya ternyata disambut dengan rasa curiga oleh Robert Mellema (Giorgino Abraham).

Meskipun begitu, adik dari Robert bernama Annelies Mellema (Mawar de Jongh) dan ibunya Robert yaitu Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti) justru menyambutnya dengan hangat. Semakin lama Minke dan Annelies menjalin hubungan mesra.

Walaupun Annelies sempat merasa belum terbiasa, ia mulai terbuka dan mulai menceritakan kisah kehidupan ibunya. Alhasil kisah tersebut membuat Minke terinspirasi dan mulai menulis artikel di koran Surabaya dengan nama samaran Max Tollenaar.

Minke pun tiba-tiba ditangkap polisi karena tulisannya dan disambut dengan kemarahan oleh ayahnya karena hubungannya dengan Annelies. Sebabnya, ayahnya menilai jika Minke meninggalkan budaya dan tradisi Jawa.

Banyak rintangan dan kisah mengejutkan dari film Bumi Manusia, terutama kisah cinta dari Minke dan Annelies.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemeran Bumi Manusia

Berikut ini adalah daftar pemeran dari film Bumi Manusia:

1. Iqbaal Ramadhan sebagai Minke

2. Mawar Eva de Jongh sebagai Annelies

3. Sha Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh

4. Giorgino Abraham sebagai Robert Mellema

5. Bryan Domani sebagai Jan Dapperste

6. Jerome Kurnia sebagai Suurhoof

7. Donny Damara sebagai ayah Minke (Bupati B)

8. Ayu Laksmi sebagai Ibu Minke

9. Dewi Irawan sebagai Mevrow Telinga

10. Kin Wah Chew sebagai Babah Ah Tjong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini