Sukses

Profil Gita Bahana Nusantara, Sukseskan Paduan Suara di Upacara HUT ke-78 RI

Kelompok Gita Bahana Nusatara telah sukses membawakan sejumlah lagu di Upacara HUT ke-78 RI tahun ini.

Liputan6.com, Bandung - Acara Peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka pada Kamis (17/8/2023) telah berlangsung dengan sukses. Adapun salah satunya penampilan dari kelompok orkestra dan paduan suara Gita Bahana Nusantara.

Sejumlah warganet terutama di media sosial X (Twitter) banyak yang memberikan komentar positif pada penampilan dari Gita Bahana Nusantara. Bahkan tim dari Gita Bahana Nusantara mempunyai personel dari anak-anak muda yang berasal dari provinsi yang berbeda-beda di Indonesia.

Kelompok ini juga dibentuk secara khusus untuk mengisi acara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Terdiri dari pelajar hingga mahasiswa Indonesia yang mempunyai keahlian dalam bidang musik dan vokalnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Gita Bahana Nusantara

Melansir dari Kemdikbud Gita Bahana Nusantara (GBN) berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Gita yang berarti nyanyian atau lagu. Kemudian Bahana mempunyai arti gema, bunyi, atau suara riuh rendah dan Nusantara adalah sebutan dari wilayah kepulauan Indonesia.

Sehingga Gita Bahana Nusantara mempunyai arti nyanyian yang membahana dari seluruh wilayah di Indonesia. Kelompok ini mempunyai anggota yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Para personelnya merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan akademis serta teknik musikalitas yang baik. Bahkan para personelnya dipilih melalui audisi yang dilaksanakan dengan ketat.

Seperti diketahui ada sekitar 136 orang vokalis dan 70 orang pemusik yang dihasilkan dari audisi dari 34 Provinsi di Indonesia. Audisinya sendiri sebelumnya dilaksanakan dalam dua tahap dan dibuka sejak Maret.

Gita Bahana Nusantara juga telah berperan dan hadir selama 20 tahun dalam berbagai acara kenegaraan. Termasuk kedalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka yang berlangsung Kamis (17/8/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini