Sukses

Google Doodle Ikut Rayakan HUT ke-78 RI, Kasih Tema Ini

Google Doodle kali ini merupakan karya dari seniman Jawa Barat, Diela Maharani.

Liputan6.com, Yogyakarta - Google ikut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78 pada hari ini, Kamis (17/8/2023). Saat membuka laman pencarian, tampak doodle khusus bertema Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tak cuma itu, pengguna juga disambut dengan konfeti virtual dengan aksen warna merah dan putih yang melambangkan bendera kebanggaan RI. Dikutip dari berbagai sumber, Google Doodle kali ini merupakan karya dari seniman Jawa Barat, Diela Maharani.

"Pada hari ini di tahun 1945, Indonesia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan dari penjajahan Belanda," tulis keterangan laman Google Doodle.

Dalam laman Google, dijelaskan bahwa tema doodle tahun ini mencerminkan pentingnya kolaborasi. Tampak komunitas warga RI berkumpul bersama sambil memainkan permainan tradisional menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke-78.

Saat doodle dipencet, Google langsung menampilkan ringkasan 'Hari Kemerdekaan Republik Indonesia'. Tahun ini, perayaannya sudah memasuki kali ke-78 sejak pertama kali merdeka pada 1945 silam.

Seperti HUT RI sebelumnya, pemerintah menyeragamkan tema dan tagline kemerdekaan. Tahun ini, tagline kemerdekaan tetap 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju'.

Hari Kemerdekaan RI merupakan libur nasional alias tanggal merah. Biasanya, warga merayakannya dengan berbagai lomba seperti makan kerupuk, balap karung, balap kelereng, hingga panjat pinang.

Sementara itu, Diela Maharanie dikenal sebagai seniman visual yang kerap menggoreskan gambarnya dengan warna cerah. Ia dikenal akan penggunaan pola tertentu sampai karakter perempuan di dalamnya.

Dia memiliki identitas yang kuat, sehingga karyanya mudah dikenali. Karya-karyanya pun telah melanglang buana. Pada 2010, ilustrasi Diela Maharani pernah menghiasi SXSW di Austin, Texas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini