Sukses

Nikmat, Kopi Colol Khas Manggarai Mampu Bersaing Hingga Kancah Internasional

Kopi Colol khas Manggarai memiliki rasa dan aroma yang khas yang mampu bersaing hingga ke kancah internasional.

Liputan6.com, Manggarai - Manggarai, Flores,Nusa Tenggara Timur merupakan daerah yang menghasilkan komoditas kopi terbanyak di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik NTT pada tahun 2022 kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur merupakan dua kabupaten penghasil kopi terbanyak di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kopi terbanyak dihasilkan dari lahan pertanian yang terdapat di kabupaten Manggarai sebesar 5 568 ton. Sementara Kabupaten Manggarai Timur menghasilkan 9.900 ton sedangkan kabupaten Manggarai Barat sebesar 1.210.00 ton.

Salah satu daerah pada wilayah Manggarai Timur yang saat ini dikenal sebagai ikon kopi dari NTT yaitu desa Colol. Kopi yang berasal dari kawasan lembah Colol yang memiliki aneka ragam serta ciri khas yang sangat nikmat bagi para pecinta kopi.

Pada masa penjajahan Belanda, kopi yang berasal dari daerah Colol ini sudah diakui kualitasnya, terutama pada momen sayembara nasional mengenai kebun kopi pada zaman kolonial. Tiga jenis kopi fenomenal yang berasal dari Colol yaitu kopi Arabika, kopi Juria, dan Yelow Kopi. Ketiga jenis kopi ini tentunya mempunyai cita rasa yang berbeda-beda.

Kopi Arabika dari Colol saat ini banyak diminati khalayak. Cita rasa manis dan asam yang seimbang mampu menjadikan kopi arabika terkenal hingga ke negara-negara lain dan ikut serta bersaing dalam beberapa ajang kompetisi nasional dan internasional.

Melalui ajang kompetisi yang diikuti memberikan beberapa dampak yang sangat luar biasa terhadap perekonomian daerah, terutama bagi para petani kopi, karena kopi yang ditawarkan pemasarannya bukan hanya didalam Negara bahkan sampai kepada Negara-negara besar lainnya.

Saat berkunjung ke Manggarai, jangan lupa untuk menyeruput kopi khas dari lembah Colol di Manggarai Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.