Sukses

Suka Cita Warga Kampung Lahendong Manado Usai Puluhan Tahun Terisolasi

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1309/Manado akhirnya membuka kampung tersembunyi di ibukota Provinsi Sulut itu.

Liputan6.com, Manado - Meski masuk wilayah Pemerintah Kota Manado, namun Kampung Lahendong yang berada di Kelurahan Bengkol, Kecamatan Mapanget ini sudah puluhan tahun terisolir.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1309/Manado akhirnya membuka kampung tersembunyi di ibukota Provinsi Sulut itu. Selama puluhan tahun terisolir, kini warga bisa menikmati infrastruktur yang memadai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puluhan Tahun Kampung Lahendong Tersembunyi

Membutuhkan waktu sekitar 25 menit menggunakan kendaraan bermotor dari pusat Kota Manado untuk bisa mencapai Kampung Lahendong. Meski sebenarnya, kampung ini lebih dekat ke arah Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Berada di ruas jalan Buha – Wori yang menghubungkan Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara, Kampung Lahendong tersembunyi di balik pepohonan yang rimbun. Kampung ini juga “terjepit” di antara kelurahan Bengkol dan Kelurahan Pandu.

Berdasarkan data dari Lurah Bengkol Yongki Mamengko, ada 42 Kepala Keluarga (KK) atau 136 jiwa di Kampung Lahendong. Namun meski wilayahnya masuk Kelurahan Bengkol, secara adminsitratif ratusan warga tersebut tercatat sebagai penduduk Kelurahan Pandu, Kecamatan Bunaken.

“Secara letak geografis Kampung Lahendong masih wilayah Kelurahan Bengkol, tetapi mereka mengurus administrasi kependudukan dan tercatat di Kelurahan Pandu,” ungkap Yongki Mamengko kepada Liputan6.com, Kamis (10/8/2023).

Dalam posisi yang berada di antara dua kelurahan justru membuat Kampung Lahendong luput dari perhatian. Banyak warga Sulut bahkan lebih mengenal Kelurahan Lahendong di Kota Tomohon, ketimbang Kampung Lahendong di Kota Manado.

Lebih dari itu, kondisi infrastruktur terutama jalan yang memadai ke kampung ini tidak pernah ada, bahkan sejak puluhan tahun kampung itu berdiri. Warga hanya bisa mengandalkan jalan setapak untuk bisa keluar dari “persembunyian” dan masuk ke Kelurahan Bengkol atau kelurahan Pandu.

Belum lagi perumahan warga, masih ada yang masuk kategori tidak layak huni, ditambah kondisi sanitasi yang belum memadai seperti fasilitas jamban.

“Selama ini akses jalan sangat buruk, hanya jalan setapak. Kalau hujan sangat licin. Banyak warga, apalagi anak-anak sekolah yang terjatuh,” ungkap Manti Topatto (46), salah satu warga Kampung Lahendong saat ditemui Liputan6.com.

Jika hujan deras, anak-anak tidak sampai ke sekolah, sudah pulang karena tidak bisa melintas setapak. Kondisi jalan yang becek dan licin bisa membahayakan para pelajar.

Manti Topatto, sudah puluhan tahun menetap di sana. Dia mengaku, selama ini mereka hidup terisolir karena kondisi jalan yang tidak memadai. Hal ini mempersulit mereka untuk mengakses berbagai pelayanan seperti kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan termasuk menjual hasil kebun.

“Sudah puluhan tahun kami hidup dalam kondisi seperti ini,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Program TMMD ke-117 Kodim 1309/Manado

Kondisi Kampung Lahendong ini menjadi perhatian serius Letkol Inf Himawan Teddy Laksono SIKom MTr (Han). Baru beberapa pekan menjabat sebagai Dandim 1309/Manado, dia bersama Danramil dan staf teritorial pada Minggu 26 Maret 2023, langsung mengunjungi kampung itu sebagai salah satu calon lokasi program TMMD.

Perhatian lebih intens diberikan setelah menetapkan Kampung Lahendong sebagai lokasi program TMMD ke-117. Pada Selasa 30 Mei 2023, Himawan Teddy Laksono yang juga selaku Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 1309/Manado melakukan silaturahmi sekaligus koordinasi teknis dengan Lurah Bengkol Jongky Retla Mamengko.

“Sebagai langkah awal memulai kegiatan TMMD ke-117 Kodim 1309/Manado, akan dilaksanakan Pra TMMD untuk membantu Satgas TMMD dalam mencapai target sasaran TMMD yang telah ditentukan,” ucap Letkol HTL, sapaan akrab Dandim 1309/Manado.

Setelah melalui berbagai persiapan, akhirnya pada Rabu 12 Juli 2023, Wali Kota Manado Andrei Angouw secara resmi  membuka TMMD ke-117 Kodim 1309/Manado di Lapangan Tungkoko, Kelurahan Bengkol, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulut. Tema yang diusung adalah  ‘Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat’.

“Dipilihnya kampung Lahendong menjadi sasaran Program TMMD karena meski berada di Kota Manado, kondisi infrastruktur terutama jalan belum memadai,” ungkap Himawan Teddy Laksono.

Dia menuturkan, sejak awal program pembangunan jalan di kampung itu sudah ramai. Karena wilayah itu berada tidak jauh dari Kota Manado, namun sudah puluhan tahun mereka hanya gunakan jalur setapak untuk mengakses jalan raya demi bisa mendapat pelayanan pendidikan kesehatan dan lainnya.  

“Dengan melihat kondisi ini, maka Program TMMD ke-117 ini, kami sasar dua hal besar yakni kegiatan fisik dan non fisik. Dilakukan oleh Satgas TMMD Kodim 1309/Manado yang berkekuatan 175 personil, dan menelan biaya Rp1 miliar dari Pemkot Manado,” ujar Letkol HTL.

Untuk program fisik meliputi rintisan jalan sepanjang 800 meter, dengan lebar 5 meter. Juga ada renovasi rumah ibadah yakni masjid dan gereja, serta 2 rumah warga yang tak layak huni. Selain itu, dibangun sejumlah jamban untuk memperbaiki kondisi sanitasi warga setempat.

“Untuk sasaran non fisik, kami melakukan 17 kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ke masyarakat terkait stunting, pola hidup sehat, bahaya narkoba, dan lainnya. Ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pola hidup sehat masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan non fisik ini juga untuk meningkatkan mental spiritual warga, karena dipadukan dengan program dari Pemkot Manado. Kegiatan yang dilakukan antara lain pengobatan gratis, pasar murah, serta sosialisasi stunting. 

4 dari 4 halaman

Senyum Warga Kampung Lahendong Setelah Tidak lagi Tersembunyi

 

Senyum lebar menghiasi wajah Manti Topatto di suatu siang yang terik pada, Kamis 19 Juli 2023. Ketika itu, warga Kampung Lahendong dikunjungi oleh Ketua Tim Wasev Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

Saat itu, Program TMMD belum rampung 100 persen. Namun kebahagiaan terpancar dari wajah Manti Topatto. Ruas jalan yang dikerjakan Satgas TMMD sudah mulai membuka kampungnya yang terisolir.

“Sebagai masyarakat Lahendong mengucapkan banyak terima kasih, karena sudah puluhan tahun, baru sekarang merasakan adanya jalan. Yang pasti saya bahagia. Selama hidup baru sekarang ada jalan. Alhamdulilah. Banyak terima kasih pada bapak TNI,” tuturnya saat berdialog dengan Ketua Tim Wasev Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno menyambut baik apresiasi dari warga setempat terhadap apa yang sudah dilakukan oleh TNI. Menurutnya, apa yang dilakukan itu demi kepentingan rakyat, dan sebagai bukti kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Tentunya semua berharap melalui program TMMD yang dilaksanakan Kodim 1309/Manado ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta mengatasi kesulitan masyarakat sehingga bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kampung Lahendong,” papar Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

Setelah kerja bersama TNI dan warga selama lebih kurang 30 hari, Program TMMD ke 119 Kodim 1309/Manado akhirnya berakhir dan ditutup secara resmi pada, Kamis (10/8/2023).

Selain ruas jalan, 2 rumah ibadah dan 2 rumah warga yang dulunya tak layak huni kini sudah nyaman ditempati. Sejumlah jamban juga sudah berdiri untuk meningkatkan pola hidup bersih warga.

“Rakyat Lahendong sangat berterima kasih pada TNI, yang sudah membantu kami. Dulu rumah kami tak layak dipakai, banyak bocor. Tapi saat TNI masuk dan perbaiki, sudah tidak bocor. Sudah banyak perubahan, membuat rumah kami menjadi layak ditinggal,” ujar Maula Hamise, salah satu warga yang rumahnya direnovasi.

Ungkapan yang sama juga disampaikan Meylin Moniaga, salah satu warga yang rumahnya direnovasi oleh Satgas TMMD. Dengan wajah berbinar-binar, warga Lingkungan 2, Kelurahan Bengkol ini menyampaikan terima kasihnya.

“Banyak terima kasih pada Kodim Manado yang sudah rehab rumah kami,” ujarnya.

Tak hanya rumah milik warga yang direnovasi, dan kini menjadi lebih bagus, dua rumah ibadahpun turut dipercantik yakni Masjid Al Ikhsan Bengkol dan Gereja GMIM Eklesia Pandu.

“Terima kasih pada Pemkot Manado dan Kodim 1309/Manado yang telah merenovasi masjid kami yang tadinya kelihatan kurang rapi dan indah, sekarang sudah indah dan rapi untuk beribadah,” ujar Imam Masjid Kharim Dalim.

Pendeta Prisilia Thomas dari Jemaat GMIM Eklesia Pandu juga memberi apresiasi atas upaya TNI merenovasi gedung gereja.

“Selaku Badan Pekerja dan Majelis Jemaat GMIM Eklesia Pandu menyampaikan terima kasih untuk TNI sudah berupaya untuk merenovasi gedung gereja kami,” kata Prisilia Thomas.

Kebahagiaan Manti Topatto, Maula Hamise, Meylin Moniaga, Kharim Dalim dan warga Kampung Bengkol lainnya terasa kian lengkap, setelah Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang menjanjikan akan memfasilitasi pembangunan insfrastruktur lainnya.

“Ada perencanaan Pemkot Manado di Kampung Lahendong. Setelah Program TMMD membuka akses jalan, kita akan bangun sejumlah fasilitas untuk warga,” ujarnya saat penutupan Program TMMD ke-117 Kodim 1309/Manado, Kamis (10/8/2023) lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.