Sukses

Ciri Orang yang Tidak Suka Keramaian, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang tidak suka dengan keramaian biasanya cenderung menarik diri. Mereka juga dikenal dengan kepribadian introvert.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang suka saat berada di tengah keramaian, namun sebagian lagi memilih untuk menghindari segala bentuk keramaian. Yuk, cari tahu alasan dan ciri-ciri orang yang tidak suka keramaian, mungkin salah satunya adalah temanmu.

Orang yang tidak suka dengan keramaian biasanya cenderung menarik diri. Mereka juga dikenal dengan kepribadian introvert.

Karena alasan itulah, banyak orang yang menganggap kalau orang-orang dengan kepribadian introvert sebagai pemalu. Namun faktanya, introvert dan pemalu adalah dua hal yang berbeda.

Pemalu merupakan sifat seseorang, yang biasanya merasa tidak nyaman dan khawatir saat berada di tengah kondisi sosial tertentu. Apalagi ketika mereka harus menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan orang asing.

Pemalu adalah gangguan kesehatan mental yang masuk dalam kategori gangguan kecemasan sosial meski sebenarnya masih terbilang ringan. Sementara introvert merupakan kepribadian seseorang yang memang lebih suka menghabiskan waktu sendiri.

Bagi orang-orang introvert, menghabiskan waktu sendiri dapat mengembalikan energi yang terkuras habis. Selain itu, orang dengan kepribadian introvert juga dapat bergabung dalam acara dan kegiatan sosial.

Ada beberapa ciri orang-orang yang tidak suka keramaian. Dari sini, kamu bisa melihat apakah kamu masuk kepribadian introvert atau ekstrovert yang suka bersosialisasi dan senang berada di keramaian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciri Orang yang Tidak Suka Keramaian

1. Kelelahan saat Bersama Banyak Orang

Bagi orang introvert, berinteraksi sosial bukanlah masalah. Namun, ketika melakukan interaksi dengan banyak orang, energi mereka akan terkuras hingga merasa kelelahan secara mental. Ini yang membuat orang-orang introvert lebih senang menghabiskan waktu sendiri setelah bertemu dengan banyak orang.

2. Temannya Sedikit

Banyak orang menganggap bahwa orang-orang introvert tidak suka bergaul dan tidak punya teman dekat. Fakta sebenarnya adalah, mereka memang hanya memiliki sedikit teman.

Meski begitu hubungan pertemanan yang dijalani oleh orang introvert lebih berkualitas. Karena umumnya, orang-orang introvert akan menjaga dan merawat pertemanannya dengan baik.

3. Mudah Terdistraksi

Ciri orang yang tidak suka keramaian lainnya adalah, mereka susah berkonsetrasi saat harus melakukan sesuatu di tempat ramai karena mudah terdistraksi.Jika merasa harus fokus, mereka lebih senang bila berada di tempat yang sepi dan tenang tanpa gangguan.

4. Sadar akan Dirinya Sendiri

Orang-orang yang tidak suka keramaian biasanya sering menyelami pikiran dan perasaannya sendiri. Ini membuat mereka lebih banyak belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan dirinya.

5. Belajar dengan Observasi

Observasi adalah tindakan yang umum dilakukan oleh mereka yang tidak suka keramaian. Biasanya mereka cenderung mempelajari segala hal dulu sebelum mempraktikkannya secara langsung.

Mereka bahkan mungkin perlu melihat orang lain melakukan sesuatu dulu berulang kali sampai merasa yakin dapat meniru atau melakukannya sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.