Sukses

Hutan Taman Nasional Gunung Rinjani Terbakar

Kebakaran melanda hutan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (4/8/2023).

 

Liputan6.com, Mataram - Kebakaran melanda hutan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (4/8/2023). Pengelola taman nasional telah menurunkan petugas pemadaman kebakaran hutan di kawasan taman nasional tersebut, tepatnya di sekitar Kawasan Bukit Kondo, Desa Aik Berik, Kabupaten Lombok Tengah, yang jadi lokasi kebakaran.

Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani Dedy Asriady di Mataram, Jumat (4/8/2023) mengatakan, menindaklanjuti laporan warga perihal titik api dan pantauan asap di dalam kawasan yang diduga berada di daerah sekitar Bukit Kondo, petugas telah diturunkan untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran di kawasan tersebut.

"Tim pemadaman telah diberangkatkan menggunakan transportasi mobil dan motor," katanya.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan setelah itu melakukan persiapan logistik, peralatan, dan anggota tim pemadaman, dengan mengumpulkan anggota Pokdarling Umar Maye sejumlah tujuh orang sebagai anggota tim pemadaman.

"Lokasi kebakaran di jalur pendakian Aik Berik. Selanjutnya kita menunggu informasi tim pemadaman setelah sampai di lokasi kebakaran hutan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Belum Diketahui

Sebelumnya kawasan hutan TNGR mengalami kebakaran dan api terlihat menjalar sehingga menimbulkan kepulan asap. Dedy Asriady selaku Kepala TNGR mengakui kebakaran tersebut dan belum bisa memastikan penyebab kebakaran.

Ia mengatakan kebakaran itu terlihat dari rekaman CCTV. "Petugas sedang menuju TKP untuk memadamkan api dan untuk mengetahui penyebab kebakaran," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini