Sukses

5 Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia, Salah Satunya Tertinggi di Dunia

Satu di antara gunung yang membentang dari sabang sampai marauke tersebut masuk ke dalam deretan gunung tertinggi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang melakukan aktivitas mendaki gunung baik untuk mengisi waktu luang atau sekadar menyalurkan hobi. Hal ini menyenangkan, sekaligus menjadi kegiatan yang menantang.

Bagi Anda yang memilki hobi mendaki gunung wajib tahu gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan, satu di antara gunung yang membentang dari sabang sampai marauke tersebut masuk ke dalam deretan gunung tertinggi di dunia.

Apa saja itu? Berikut Liputan6.com rangkum lima gunung tertinggi di Indonesia, di antaranya:

1. Gunung Carstenzc Pyramid

Gunung Carstenzc Pyramid merupakan gunung nomor satu paling tinggi yang berada di Indonesia dan juga masuk ke dalam salah satu deretan gunung paling tinggi di dunia.

Gunung ini juga dikenal dengan sebutan Puncak Jaya Wijaya yang terletak di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tenganh dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Saking tingginya di puncak ini terkadang juga turun salju.

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci atau yang juga dikenal sebagai Gunung Gadang merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan termasuk sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi, dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini berada di kawasan konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat.

3. Gunung Rinjani

Rinjani merupakan gunung yang letaknya berada Lombok Timur, Nusa Tengara Barat yang kawasannya berada di bawah naunggan Taman Nasional Gunung Rinjani dengan nama puncaknya yang dikenal sebagai Anjani.

Berdasarkan catatan MAGMA Indonesia, gunung ini merupakan gunung api dengan ketinggian 3.726 mdpl dari permukaan laut dan tergolong ke dalam gunung tipe A.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi keempat di Indonesia yang letaknya berada di Jawa Timur di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang.

Merujuk dari catatan MAGMA Indonesia, gunung in juga merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia dengan ketingian puncak 3.676 mdpl di atas permukaan laut.

5. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong merupakan gunung dengan jajaran pengunungan dengan beberapa puncak, dan puncak tertinggi bernama Rante Mario. Hutan di gunung ini juga tergolong ke dalam hutan Montana.

Secara administratif, Gunung Latimojong berada di Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan dengan ketinggiann 3.430 mdpl diatas permukaan laut.

Itulah lima deretan gunung tertinggi di Indonesia yang Liputan6.com rangkum untuk Anda. Bagi Anda yang ingin mendaki gunung, tetap utamakan keselamatan serta patuhi aturan dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan sampah di pegunungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.