Sukses

Peringati HUT ke-78 RI, Kota Jamu Siap Bagikan 'Sego Kucing' Gratis

Dalam rangkain HUT ke-78 RI Kabupaten Sukoharjo siap mendatangkan grup band musik pop jawa. Tak hanya itu rangkaian peringatan lainnya akan digelar.

Liputan6.com, Sukoharjo - Kabupaten Sukoharjo atau yang biasa dikenal sebutan Kota Jamu menggelar rangkaian HUT ke-78 kemerdekaan RI dengan berbagai kegiatan yang melibatkan ribuan masyarakat. Menariknya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo akan mendatangkan grup band Ndarboy Gank.

Grup band pop Jawa asal Yogyakarta itu akan mengisi panggung musik sekaligus promosi gempur rokok ilegal itu bakal menghibur masyarakat Sukoharjo yang hadir di Alun-alun Satya Negara pada pekan depan.

Tak hanya itu pemkab Sukoharjo akan menggelar pesta rakyat dengan mendirikan tujuh panggung di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Slamet Riyadi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukoharjo, Widodo mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan RI dengan berbagai acara, mulai dari pawai pembangunan, panggung musik yang dihadiri puluhan musisi. Rangkaian acara peringatan HUT RI tersebut digelar mulai 1 Juli hingga 31 Agustus 2023. 

"Kita juga menyiapkan kuliner khas yaitu hik atau sego kucing (nasi kucing) yang kita siapkan gratis selama acara berlangsung. Kita juga datangkan Ndarboy Gank untuk mengisi acara sekaligus promosi gempur rokok ilegal," kata dia di Gedung Menara Wijaya, Selasa (2/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuliner Khas Jawa Tengah

Dirinya menyebut kuliner hik atau nasi kucing adalah ciri khas semua masyarakat di Jawa Tengah, kuliner tersebut nanti akan disiapkan di stan-stan khusu dengan tema warung hik dan siapapun pengunjung yang hadir diperbolehkan untuk menikmatinya secara cuma-cuma.

"Kita siapkan tenda seperti warung hik yang pada umumnya ada di Sukoharjo. selain sego kucing nanti ada temannya sego kucing, aneka gorengan, sate, susu jahe dan lainnya. Ya seperti warung hik pada umunya, tetapi di sana nanti gratis," ujar dia.

Di sisi lain, rangkaian acara peringatan kemerdekaan RI dimulai dari upacara bendera oleh semua OPD di Pemkab, pawai pembangunan, malam hiburan rakyat, dan banyak lainnya. Widodo meminta kepada seluruh masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang akan diselenggarakan oleh pemerintah.

"Silahkan masyarakat ikut dalam kegiatan tersebut dengan mendaftar di website yang sudah disediakan panitia. Tampilkan ciri khas dan kebanggaan daerahnya masing-masing. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.