Sukses

8 Cara Alami Sembuhkan Batuk si Kecil

Salah satu cara menyembuhkan batuk anak tanpa obat selalu menjaga asupan cairan.

Liputan6.com, Bandung - Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti kini kerap memicu berbagai penyakit terhadap balita, tak terkecuali batuk.

Terkadang pemberian obat batuk pabrikan agak membuat para orang tua was - was dengan efek samping yang ditimbulkan.

Itu ditegaskan dengen keterangan dari Catherine Tom-Revzon, PharmD, manajer farmasi klinis pediatri di New York City dalam parents.com, dicuplik dari laman Orami, Sabtu, 29 Juli 2023.

"Memberikan obat pereda batuk pada anak balita bisa menimbulkan efek yang tidak baik," terang Catherine.

Efek yang ditimbulkan, kata Catherine antara lain, hiperaktif, pusing dan gelisah saat tidur. Adanya hal itu membuat para orang tua berpikir keras memutar otak demi kesembuhan sang buah hati tanpa dampak.

Ternyata terdapat 8 cara alami sembuhkan batuk anak tanpa obat. Simak selengkapnya di bawah ini :

1. Berikan Madu

Mencuplik Canadian Medical Association Journal, makan madu dapat membantu meredakan batuk dan membuat anak balita tidur lebih nyenyak.

Anggota komite farmakologi dan terapeutik klinik di American Academy of Pediatrics, Paul M.D mengatakan, madu aman diberikan kepada anak yang sudah berusia 1 tahun.

Selain itu, rasa madu yang manis juga akan disukai oleh anak-anak, kata Paul. Anda dapat memberikan madu hitam sebagai cara mengobati batuk anak tanpa obat.

Jenis madu ini memiliki antioksidan tinggi, sehingga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Berikan setengah sendok teh madu kepada anak usia 1−5 tahun sebelum tidur.

Jika anak tidak suka dengan madu, Anda dapat mencampurnya dengan secangkir air hangat. Ingat! Madu hanya dapat diberikan pada anak usianya sudah genap 12 bulan atau 1 tahun.

Anak-anak di bawah usia tersebut mungkin akan mengalami masalah kesehatan jika diberikan madu.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ubah Posisi Tidur

Cara menyembuhkan batuk anak tanpa obat adalah mengubah posisi tidurnya. Anda dapat menumpuk beberapa bantal di bawah punggung, pundak, dan kepala si Kecil saat ia tidur.

Pastikan posisi kepala sag buah hati lebih tinggi dari badannya. Posisi ini akan membuat buah hati lebih nyaman karena dapat bernapas lebih lancar.

3. Nyalakan Humidifier

Cara menyembuhkan batuk anak tanpa obat yang juga dapat dicoba ada menyalakan humidifier.

Alat untuk menjaga kelembapan ruangan ini dapat membantu buah hati lebih mudah mengeluarkan dahak.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), air humidifier dapat mempercepat proses penyembuhan.

Meskipun alat ini tidak menyembuhkan penyebabnya, buah hati anda akan merasa lebih nyaman.

Anda dapat menyalakan di malam hari batuk mungkin semakin parah. Jangan lupa untuk selalu membersihkan humidifier setelah menggunakannya.

4. Menghirup Uap

Cara mengobati batuk anak tanpa obat lainnya adalah menghirup uap. William Sears, M.D., dokter spesialis anak dan penulis buku best-seller The Baby Book menjelaskan, menghirup uap dapat membantu buah hati lebih mudah mengeluarkan lendir.

Lakukan cara ini setiap pagi hingga buah hati tidak lagi mengalami batuk atau sesak nafas.

 

3 dari 4 halaman

5. Berikan Sup Ayam

Cara menyembuhkan batuk anak tanpa obat berikutnya adalah memberikan sup ayam.

Dilansir oleh American College of Chest menunjukkan bahwa sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan gejala infeksi saluran pernapasan

Suhunya yang hangat juga dapat meredakan sakit tenggorokan dan memberikan rasa nyaman. Tak hanya itu, sup ayam juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat saat batuk.

6. Jaga Asupan Cairan

Salah satu cara menyembuhkan batuk anak tanpa obat selalu menjaga asupan cairan. Cairan hangat atau sangat dingin merupakan obat batuk yang sangat baik untuk anak-anak.

Selalu memberikan minum kepada anak ketika batuk dapat dapat membantu mengencerkan lendir. Selain itu, cara ini juga dapat membuatnya lebih mudah untuk batuk.

Asupan cairan yang banyak juga dapat menenangkan tenggorokan yang sakit dan membuat anak tetap terhidrasi.

Dalam jurnal Rhinology dijelaskan, minuman panas menghilangkan gejala dari pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan.

Sementara, minuman dingin juga bermanfaat karena dapat meredakan sakit tenggorokan sekaligus membantu menghidrasi pada saat yang bersamaan.

7. Kumur Air Garam

Cara menyembuhkan batu anak tanpa obat adalah berkumur air garam. Obat tradisional satu ini memang dipercaya menyembuhkan segala penyakit, termasuk batuk.

Mengutip American Journal of Medical Preventive berkumur larutan garam dapat menurunkan infeksi saluran pernapasan secara signifikan.

Anda hanya perlu melarutkan satu sendok teh garam dengan secangkir air. Kemudian, minta buah hati anda berkumur dan muntahkan kembali.

Perlu diingat, larutan hanya boleh diberikan kepada dan anak-anak yang tidak akan menelannya.

 

4 dari 4 halaman

8. Beri Makanan Dingin

Mengutip children.com, es loli dan es krim dapat membuat tenggorokan anak terasa lebih baik.

Cara menyebuhkan batuk anak tanpa obat ini dapat digunakan untuk anak-anak empat tahun ke atas.

Anda dapat memberikan buah beku, jika tidak yakin dengan es krim yang dijual secara bebas. Sementara untuk bayi, dapat memberikan makanan beku sebagai obat batuk.

Berikan anak-anak buah, yoghurt atau susu yang sudah dibekukan menggunakan kantong makanan bayi.

Ingat, makanan beku yang dibuat secara alami dapat menjadi cara menyembuhkan batuk anak tanpa obat.

Pemicu batuk pada balita selain perubahan cuaca, juga dipengaruhi beberapa faktor. Seperti adanya infeksi, refluks asam, asma, alergi atau sinusitis serta batuk rejan.

Adanya 8 cara alami menyembuhkan batuk pada balita diatas mungkin dapat menjadi solusi para orang tua, saat sang buah ahti terjangkit batuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.