Sukses

Keutamaan Membaca Surat Al Baqarah, Salah Satunya Membantu Diri Terlindung dari Setan

Membaca Al Quran mempunyai banyak sekali keutamaan salah satunya adalah membaca surat Al Baqarah.

Liputan6.com, Bandung - Membaca Al Quran bagi sebagian umat muslim sangat dianjurkan karena mempunyai banyak amalannya. Bahkan surat-surat yang ada di dalam Al Quran mempunyai arti yang sangat istimewa, salah satunya surat Al Baqarah.

Surat Al Baqarah merupakan surat kedua dalam Al Quran dan salah satu surat terpanjang yang ada dalam Al Quran. Surat ini terdiri dari 286 ayat dan Al Baqarah mempunyai arti sapi betina.

Surat Al Baqarah mempunyai banyak keutamaan seperti dalam riwayat Abu Umamah. Dalam riwayat tersebut diungkapkan jika Rasulullah SAW menyebutkan mengenai surat Al Baqarah:

اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ: الْبَقَرَةَ وَآلَ عِمْرَانَ؛ فَإِنَّهُمَا يَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ يُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ؛ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَاحَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

"Bacalah ‘dua tangkai bunga indah’, yakni surat al-Baqarah dan Ali ‘Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari Kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah surat al-Baqarah, sebab di dalamnya terdapat keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya,” (HR. Ahmad).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Membaca Surat Al Baqarah

Berikut adalah beberapa keutamaan ketika membaca surat Al Baqarah:

1. Membantu kita dalam terlindung dari setan

Melalui hadisnya, Rasulullah SAW mengatakan jika rumah yang dibacakan oleh surat Al Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan. Berikut ini adalah hadis yang menjelaskan hal tersebut:

عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِأَلْفَىْ عَامٍ أَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ خَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ الْبَقَرَةِ وَلاَ يُقْرَآنِ فِي دَارٍ ثَلاَثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبُهَا شَيْطَانٌ ‏"

Artinya: "Sesungguhnya Allah Swt. menulis dalam kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan surga dan bumi, serta mengirim dua ayat untuk mengakhiri Al-Baqarah. Jika dibaca selama tiga malam dalam rumah maka setan tidak akan mendekatinya." (HR Tirmidzi).

2. Memberi kita kecukupan

Surat Al Baqarah juga membantu kita dalam memberikan kecukupan tanpa ada yang terlewat. Berikut ini adalah hadis yang memperjelasnya:

مَنْ قَرَأَ الآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ ‏

Artinya: "Siapa saja yang membaca dua ayat terakhir dalam Al-Baqarah pada malam hari, maka itu akan mencukupinya." (HR Ibnu Majah).

3. Menjauhkan diri dari sihir

Adapun keutamaan lain dari membaca surat Al Baqarah adalah membantu kita dari sihir. Seperti menurut Imam Ahmad yang meriwayatkan dari Abu Umamah berikut ini:

Bacalah Al-Qur’an, karena Al-Qur’an itu akan memberi syafaat bagi pembacanya pada hari kiamat kelak. Dan bacalah az-Zahrawain, yaitu surah Al-Baqarah dan Ali Imran, karena kedua surat itu akan datang pada hari kiamat, seolah-olah keduanya bagai tumpukan awan, atau bagai dua bentuk payung yang menaungi, atau bagai dua kelompok burung yang mengembangkan sayapnya. Keduanya akan berdalih untuk membela pembacanya pada hari kiamat.” (HR. Muslim dalam kitabash-Shalah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini