Sukses

Film Barbie Punya Rating Penonton 13 Tahun ke Atas, Ini Maksudnya

Meskipun berasal dari mainan legendaris, film Barbie ternyata bukan tayangan yang bisa disaksikan oleh anak-anak. Film ini justru mempunyai rating untuk penonton 13 tahun ke atas.

Liputan6.com, Bandung - Film Barbie saat ini mendapatkan perhatian yang sangat besar dari publik terutama dengan jalan ceritanya yang dinilai menarik. Film yang disutradarai oleh Greta Gerwig ini sudah dapat ditonton di seluruh bioskop sejak Rabu (19/7/2023).

Antusiasme masyarakat Indonesia juga sangat besar dalam menyambut film yang diadaptasi dari mainan legendaris ini. Namun perlu diketahui film ini hanya bisa ditonton oleh penonton berusia 13 tahun ke atas.

Meski film ini diadaptasi dari mainan legendaris anak-anak, film Barbie ini mempunyai cerita yang diperuntukkan oleh orang dewasa yang tumbuh dengan Barbie saat kecil.

Film yang diperankan oleh Margot Robbie tersebut mempunyai beberapa materi yang dinilai kurang cocok untuk anak di bawah 13 tahun. Maka dari itu para orangtua diminta untuk memperhatikan rating film tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PG-13 pada Film Barbie

Melansir dari People, alasan film Barbie mendapatkan rating 13 tahun ke atas karena tema filmnya yang cukup berat. Bahkan, dalam trailer dan sinopsis film ini tergambarkan jika jalan cerita akan memperlihatkan sejumlah topik-topik yang cocok untuk dewasa.

Film ini juga mempunyai topik feminis yang kuat bagi perempuan serta bagaimana dunia memandang wanita. Kemudian dijelaskan dalam film ini juga mengandung beberapa kalimat menjurus serta beberapa kata-kata kasar.

Di negara asalnya, film ini kategori film dengan rating PG-13 yang tidak cocok untuk anak-anak. Sehingga orangtua diminta untuk berhati-hati untuk tidak mengajak anak-anak menonton film dengan rating tersebut.

3 dari 3 halaman

Apa itu Rating PG-13?

Setiap film, baik film bioskop dan televisi selalu mempunyai rating atau klasifikasi umur untuk penontonnya. Hal tersebut dilakukan karena beberapa film mempunyai materi yang hanya diperuntukkan untuk usia-usia tertentu.

Bahkan, penentuan rating tersebut juga biasanya ditentukan oleh lembaga-lembaga sensor film. Seperti di Indonesia film harus ditinjau terlebih dahulu oleh Lembaga Sensor Film (LSF) untuk menentukan apakah film tersebut layak ditonton termasuk kategori usia penontonnya.

Salah satunya dalam film Barbie tersebut rating yang ditentukan adalah Rating PG-13 atau untuk penonton 13 tahun keatas. Rating ini memberikan peringatan untuk orangtua agar berhati-hati karena beberapa materi film tidak pantas untuk anak di bawah 13 tahun.

Biasanya materi-materi tersebut diantaranya adalah adanya bahasa yang tidak layak, adegan kekerasan, hingga adanya hubungan yang berkaitan dengan seksualitas atau konten sensitif lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini