Sukses

Deretan Tokoh Dunia yang Lahir pada Tanggal 14 Juli

Dalam berbagai cara, mereka para tokoh tersebut telah meninggalkan warisan yang menginspirasi dan berdampak pada generasi-generasi selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal kalender memiliki makna penting bagi seseorang atau kelompok. Namun, ada beberapa peristiwa penting terjadi yang tidak semua orang mengetahuinya.

Dirangkum dari berbagai sumber, pada tanggal 14 Juli ini ada sejumlah tokoh dunia yang lahir. Mereka memberikan kontribusi luar biasa dalam berbagai bidang.

Seperti bidang politik, sastra, ilmu pengetahuan, dan lain-lain dengan membawa semangat lebih baik. Dalam berbagai cara, mereka telah meninggalkan warisan yang menginspirasi dan berdampak pada generasi-generasi selanjutnya.

Melalui pencapaian, mereka telah membuktikan bahwa kelahiran pada tanggal tertentu dapat membawa perbedaan positif dalam dunia. Berikut beberapa tokoh dunia yang lahir pada tanggal 14 Juli:

Soekarni

Soekarni merupakan salah satu orang yang menginisiasi upaya penculikan Bung Karno dan Bung Hatta. Soekarni memiliki nama lengkap yakni Soekarni Kartodiwirjo.

Ia lahir pada 14 Juli 1916 di Desa Sumberdiran, Garum, Blitar Jawa Tmur. Ia adalah anak keempat dari Sembilan bersaudara. Ayahnya adalah Kartodiwirjo dan ibunya bernama Supiah.

Ia meninggal dunia pada 7 Mei 1971 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Gustav Klimt

Lahir pada 14 Juli 1862 dan ia merupakan pelukis simbolis Austria dan salah satu anggota yang paling menonjol dari gerakan Vienna Secession. Klimt terkenal karena karya lukisan mural, sketsa, dan seni benda-benda lainnya. Salah satu lukisan nya yang ternama yaitu adalah The Kiss. lukisan tersebut buat berawal dari ketertarikan Klimt pada hal-hal intim. Dengan lukisan ini ia seakan merepresentasikan pendekatan romantisme yang halus lewat lukisan tersebut.

The Kiss menggambarkan pasangan yang berciuman dengan penuh kasih dan sayang di tengah sebuah pelukan.

Ei-ichi Negishi

Pria kelahiran 1935 pada 14 Juli ini merupakan ilmuwan Jepang pemenang Hadiah Nobel 2010 untuk bidang kimia. Ia telah menulis hampir 400 makalah penelitian dan telah memenangkan banyak penghargaan ilmiah lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momen 14 Juli

Jay Wright Forrester

Seorang insinyur komputer Amerika yang memberikan kontribusi dasar bagi perkembangan komputer. Ia lahir pada 14 Juli 1918 silam.

Selama tahun 1940-an dan awal 50-an, Forrester melakukan penelitian di bidang teknik listrik dan komputer di MIT. Ia memiliki perjalanan yang sangat panjang hingga Pada tahun 1995, dia diangkat sebagai Fellow dari Museum Sejarah Komputer dan Pada tahun 2006, ia dilantik ke Hall of Fame Riset Operasional.

Emmeline Pankhurst

Pahlawan hebat yang lahir pada 14 Juli 1858. Tokoh sejarah yang dikenal di seluruh dunia.

Emmeline Pankhurst adalah pahlawan dalam perjuangan perempuan untuk hak memilih. Emmeline Pankhurst adalah orang penting bagi gerakan perempuan dan persamaan hak untuk memilih gerakan.

Ingmar Bergman

Ingmar Bergman, kelahiran 14 Juli 1918, adalah seorang sutradara film Swedia yang dianggap sebagai salah satu sutradara terbesar dalam sejarah perfilman.

Karyanya yang mengguncang dan kompleks seperti "The Seventh Seal" dan "Persona" dikenal karena eksplorasi mendalamnya tentang kondisi manusia dan eksistensialisme. Bergman menerima banyak penghargaan internasional dan telah memberikan kontribusi signifikan bagi perfilman dunia.

Woody Guthrie

Penyanyi dan Penulis Lagu bernama Woody Guthrie, kelahiran 14 Juli 1912, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika yang ikonik. Ia dikenal karena lagu-lagunya yang mengangkat isu-isu sosial.

Seperti This Land Is Your Land dan Deportee (Plane Wreck at Los Gatos). Guthrie adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam musik folk Amerika.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini