Sukses

Cara Membaca Bahasa Tubuh untuk Mengetahui Sifatnya

Membaca bahasa tubuh seseorang bisa bermanfaat untuk kita terutama untuk mengetahui bagaimana sifat atau suasana hatinya.

Liputan6.com, Bandung - Kini membaca bahasa tubuh seseorang menjadi salah satu cara dalam mengetahui bagaimana sifat orang tersebut. Adapun membaca tubuh seseorang tentunya bisa membantu kita dalam bersikap.

Bahasa tubuh atau body language setiap manusia biasanya mempunyai beberapa gerak-gerik bermakna. Terutama jika untuk mengetahui apakah orang tersebut berkata jujur atau tidak ketika berinteraksi dengan kita.

Kita bisa membaca bahasa tubuh mulai dari ekspresi wajahnya, posturnya, hingga gestur yang mereka keluarkan. Melalui hal tersebut secara refleks atau tanpa sadar menjadi bentuk komunikasi non-verbal.

Bahkan, kita pun seringkali tidak sadar melakukan beberapa gerakan ketika dalam momen-momen atau suasana hati tertentu. Maka dari itu, meskipun bersifat universal, bahasa tubuh bisa dibaca untuk mengetahui sifatnya atau artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Cara Membaca Bahasa Tubuh?

Melansir dari PsychCentral terdapat beberapa jenis dari bahasa tubuh dari manusia dan para peneliti mencatat hampir sekitar satu juta isyarat dan sinyal non-verbal dapat diberikan oleh seseorang, berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Memperhatikan ekspresi wajahnya

Melalui ekspresi wajah kita dapat mengetahui bagaimana kondisi dari seseorang karena ekspresi wajah termasuk bagian bahasa tubuh. Melalui ekspresi kita bisa mengetahui banyak hal dari orang tersebut.

Beberapa contohnya ketika terkejut seseorang akan menaikan alisnya, ketika wajah seseorang cemberut berarti ia tengah marah, ataupun bisa juga cemberut menandakan kesedihan seseorang. 

2. Melihat beberapa tanda non-verbal

Beberapa tanda non-verbal disini adalah beberapa isyarat yang dilakukan oleh seseorang misalnya tersenyum, mengedipkan mata, hingga mengangguk. Hal tersebut kita akan mengetahui bagaimana suasana hati seseorang.

3. Memperhatikan gesture tangan

Gesture tangan atau gerakan dari tangan juga bisa kita baca untuk mengetahui bagaimana kondisi seseorang. Misalnya ketika ia melambaikan tangan, menunjuk, hingga mengarahkan jempolnya ke atas.

4. Memperhatikan postur tubuhnya

Postur tubuh seseorang juga bisa menjadi tanda untuk mengetahui bagaimana kondisi seseorang. Misalnya saja, ketika seseorang duduk dengan tegak bisa menandakan jika orang tersebut gugup dan masih banyak tanda lainnya.

5. Melakukan kontak mata

Gerakan pada mata seseorang bisa menunjukan suasana hati yang tengah mereka rasakan karena mata biasanya menunjukkan apa yang tengah dirasakan. Adapun gerakan mata bisa menandakan beberapa kondisi lainnya mulai dari merasa risih, tertekan, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini