Sukses

Minder Menggunakan Celana Pendek? Simak 10 Langkah agar Kaki Cantik dan Mulus

Gunakan selalu pelembab secara teratur agar kulit tampak lebih sehat.

Liputan6.com, Bandung - Menggunakan celana pendek pada hari yang terik seperti saat ini kerap kali menjadi pilihan bagi semua orang, terutama perempuan.

Celana pendek dan baju dengan bahan ringan menyerap keringat dipadupadankan dengan sandal menjadi pilihan utama saat cuaca panas.

Sayangnya, tidak semua perempuan dapat menikmati hari tersebut. Mengapa? Alasan kulit kaki kering, sel mati, kaki berbulu, dan adanya perbedaan warna mencolok menjadi kendala.

Tetapi hal itu terang dr Valda Garcia di laman klikdokter.com dapat diakali dengan berbagai cara. Garcia menuliskan terdapat 10 langkah agar kaki cantik dan mulus.

"Kaki yang mulus bisa kamu dapatkan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan pelembap hingga tabir surya," ujar Garcia dicuplik Jumat, 30 Juni 2023.

Berikut 10 cara merawat kaki agar cantik dan mulus yang dapat dilakukan di rumah :

1. Selalu Gunakan Pelembap atau Moisturizer

Agar kaki terlihat cantik, harus diperhatikan penggunaan pelembap atau moisturizer. Gunakan selalu pelembab secara teratur agar kulit tampak lebih sehat.

Untuk jenis losion sendiri dapat memilih yang disukai, termasuk yang terbuat dari bahan alami seperti coconut oil atau shea butter.

Gunakan pelembap setelah mandi atau setelah mencukur bulu kaki. Air dapat menarik kelembapan alami kulit dan menyebabkannya mudah kering dan iritasi. Demikian pula saat mencukur bulu kaki.

Jika ingin pergi keluar rumah menggunakan celana pendek atau rok, bawalah selalu pelembap tersebut. Karena suatu waktu, kamu pasti membutuhkannya untuk menjaga kelembapan kaki sepanjang hari.

2. Selalu Lakukan Scrub

Lapisan teratas kulit akan terus mengelupas untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun terkadang, proses ini melambat akibat satu dan lain hal. Agar menyempurnakan prosesnya, maka dibutuhkan bantuan scrub agar pengelupasan berjalan lancar.

Tak hanya itu, mengelupasnya sel-sel kulit mati dapat membuat kulit lebih mudah menyerap nutrisi dari moisturizer atau serum yang digunakan.

Selain itu, lapisan kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam bisa terangkat dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Untuk hasil maksimal, gunakan body scrub atau lulur sebanyak 2-3 kali setiap minggunya.

3. Gunakan Minyak

Penggunaan minyak untuk kaki ini berupa minyak jojoba, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Cara satu ini bisa dilakukan untuk memuluskan kaki.

Minyak yang dioleskan ke seluruh bagian kaki dapat membantu kaki lebih lembap, kenyal, dan berkilau. Penggunaan minyak seperti minyak zaitun dapat membantu mengatasi kekeringan kulit kaki.

4. Memakai Body Shimmer

Body shimmer adalah produk yang dapat memberikan kesan mengilap pada area yang disemprot atau dioleskan.

Body shimmer dapat dibeli di toko terdekat atau membuatnya sendiri di rumah. Yakni dengan menggunakan eye shadow berwarna emas dan perak, kemudian mencampurnya dengan body lotion.

5. Manfaatkan Makeup

Kata siapa makeup untuk wajah saja. Untuk membuat kaki mulus, makeup dapat digunakan ke kaki agar terlihat mulus.

Fungsinya kurang lebih sama, yaitu menyamarkan noda hitam. Untuk hal ini, bisa menggunakan alas bedak atau concealer.

6. Menghilangkan Bulu Kaki

Menghilangkan bulu kaki disarankan dilakukan agar kaki mulus. Caranya dapat mencukur bulu di area tersebut dengan alat pencukur biasa atau dengan waxing.

Namun dapat juga mencoba terapi laser untuk menghilangkan bulu kaki secara permanen. Meski lebih mahal, hasil yang didapat akan lebih memuaskan.

7. Ganti Kepala Cukur secara Rutin

Apabila telah menggunakan pisau cukur yang tumpul, kemungkinan besar tidak akan membuat hasil cukur bersih.

Pisau cukur yang tumpul juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan iritasi. Jadi, jika sering mencukur, pastikan mengganti kepala pisau cukur setiap lima kali penggunaan agar tetap bersih serta efisien.

8. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya diyakini dapat melindungi area yang butuh perlindungan dari sinar ultraviolet. Paparan sinar matahari yang terlalu lama dan kuat juga dapat membuat kulit kaki rusak.

Penggunaan tabir surya atau sunscreen bisa menjadi cara memutihkan kaki yang kering. Oleskan tabir surya minimal SPF 30 sebelum keluar rumah di area kaki jika akan mengenakan rok, celana pendek, dan gaun. Oleskan kembali setiap dua jam.

9. Konsumsi Cukup Air Putih

Cara ini juga dapat membantu memuluskan kaki. Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit terdiri dari sel dan sel terdiri dari air. Tanpa air, organ tubuh tidak akan berfungsi secara maksimal.

Kulit yang tidak mendapatkan cukup air akan menjadi kering dan bersisik. Kondisi tersebut akan rentan terhadap kerutan. Itulah sebabnya, setiap orang harus mengonsumsi air putih yang cukup.

10. Nyalakan Humidifier Saat Malam Hari

Kulit cenderung kering pada malam hari. Oleh karena itu, gunakanlah humidifier pada waktu tidur untuk mengurangi hilangnya kelembapan.

Seluruh langkah agar kaki mulus dan cantik ini harus dilakukan secara konsisten. Mengingat perawatan yang tidak teratur dapat merusak konsistensi kulit.

Maka dari itu agar hasil masimal dan sempurna, tidak ada salahnya 10 langkah agar kaki mulus dan cantik ini ditempuh sebaik-baiknya.

Selain inner beauty, kecantikan fisik tubuh harus tetap diperhatikan, tapi yang terpenting adalah sehat jiwa dan raga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini