Sukses

Prodi Paling Diminati di Unnes via Jalur Nilai Rapor, Pendaftaran Ditutup Hari Ini Kamis 27 Juni

Data diambil dari laman sm.unnes.ac.id/jurnal, Selasa (27/6/2023), pukul 06.00 WIB.

 

Liputan6.com, Jakarta - Dari data yang diakses di laman sm.unnes.ac.id/jurnal, Selasa (27/6/2023), pukul 06.00 WIB, ada lima program studi di Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang menjadi favorit para pendaftar berdasarkan Seleksi Masuk Jalur Nilai Rapor.

Urutan pertama ditempati Prodi Manajemen dengan total 3.733 pendaftar. Disusul prodi Psikologi dengan jumlah 3.213 pendaftar, Kesehatan Masyarakat 3.092 pendaftar, Ilmu Hukum 2.076 pendaftar, dan Teknik Informastika sebanyak 2.5.21 pendaftar. 

 

Kepala Humas Unnes Surahmat menyebutkan, Unnes menyediakan kuota sebesar 50 persen untuk mahasiswa baru dari jalur SM yang terbagi atas beberapa kategori, salah satunya nilai rapor.

Selain nilai rapor, Unnes juga masih memiliki jalur SM lain yang masih akan dibuka, yaitu Jalur UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan Jalur Mandiri Reguler.

Untuk jalur nilai rapor, pendaftaran akan ditutup pada Selasa (27/6/2023), setelah sempat diperpanjang, seiring dengan animo masyarakat yang masih tinggi untuk mendaftar lewat jalur tersebut.

"Jalur UTBK dibuka pada 26 Juni sampai 6 Juli 2023. Adapun seleksi mandiri reguler telah dibuka sejak 17 Mei lalu dan akan tutup pada 9 Juli 2023," katanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prodi dengan Daya Saing Paling Rendah

Jalur Rapor dan UTBK merupakan jalur seleksi tanpa tes. Pada jalur rapor, seleksi didasarkan nilai rapor semester 1-5, dan hanya diperuntukkan bagi siswa "fresh graduate" atau yang lulus pada 2023.

Jalur UTBK juga tidak melalui mekanisme tes karena penilaian dilakukan melalui skor UTBK yang telah diperoleh peserta.

Untuk prodi dengan tingkat persaingan rendah pada jalur mandiri rapor, Pendidikan Bahasa Prancis menempati urutan teratas, sementara dengan jumlah pendaftar hanya 56 orang atau paling sedikit.

Di urutan kedua, Sastra Jawa dengan 66 pendaftar, kemudian Pendidikan Bahasa Mandarin sebanyak 84 pendaftar, Pendidikan Seni Rupa sebanyak 85 pendaftar, dan Pendidikan Seni Musik ada 92 pendaftar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini