Sukses

Libur Panjang Iduladha, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Edukatif dan Ramah Anak di Yogyakarta

Berikut rekomendasi destinasi wisata Yogyakarta yang bisa dijadikan pilihan

Liputan6.com, Yogyakarta - Umat muslim akan merayakan Iduladha pada 29 Juni 2023 mendatang. Bersamaan dengan itu, Pemerintah telah memberlakukan cuti bersama tiga hari, mulai Rabu (28/6/2023) hingga Jumat (30/6/2023).

Penetapan libur Hari Raya Iduladha tersebut akan menjadi libur panjang bagi masyarakat. Untuk mengisi hari libur, Kota Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, termasuk wisata edukatif yang ramah anak.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi destinasi wisata Yogyakarta yang bisa dijadikan pilihan:

1. Dino Adventure

Dino Adventure berlokasi di Gedung Kotak Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Destinasi wisata ramah anak Yogyakarta ini masih berada di dalam kawasan Taman Pintar.

Bagi anak-anak yang gemar dengan petualangan, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dipertimbangkan. Dino Adventure menyajikan petualangan menantang bagi para penggemar kehidupan purba di masa lampau karena banyak terdapat dinosaurus buatan, seperti Tyrannosaurus (T-rex), Styracosaurus, Parasaurolophus, Allosaurus, Stegosaurus, hingga Diplodocus.

2. Kids Fun

Selain ramah anak, Kids Fun juga memiliki banyak tempat menarik untuk orang dewasa. Beberapa permainan yang bisa dicoba adalah waterboom, wahana tunggang, gokart, dan lainnya. Tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi keluarga saat libur panjang Induladha.

3. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Sindu Kusuma Edupark (SKE) berlokasi di Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Anak-anak bisa mencoba berbagai wahana bermain dan belajar yang mengasyikkan di sini.

Setidaknya terdapat 18 wahana bermain di SKE, seperti House of Terror atau rumah hantu, area ketangkasan, bioskop 8D, bioskop 4D, sepeda mabur (flying bicycle), cangkir mabur (spinning cup), kursi mabur (flying chair), montor tumbur (Bumper Car), taman lampu, hingga waterpark.

4. Taman Pintar

Taman Pintar berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Destinasi wisata yang satu ini memang cukup populer di kalangan pelajar dan anak-anak.

Taman Pintar memiliki banyak wahana bermain dan edukasi. Beberapa wahana yang bisa dicoba, di antaranya zona pengelolaan sampah, wahana bahari, science theater, zona perpustakaan, kampung kerajinan, gedung PAUD, gedung planetarium, gedung kotak, hingga gedung oval.

5. Wisata Edukasi Gerbang Park

Wisata Edukasi Gerbang Park terletak di wilayah Wedomartani, tepatnya di Dusun Gebang, Padukuhan Jetis, Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kota Yogyakarta. Selain terdapat Candi, tempat ini juga memiliki pemandangan alam yang cantik berupa panorama sawah, sungai, hingga embung.

(Resla Aknaita Chak)

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.