Sukses

Ini Cara Warga Revitalisasi Situs Budaya di Keraton Kartasura

Banyak petilasan bersejarah di wilayah Kabupaten Sukoharjo yang memerlukan perhatian khusus, salah satunya petilasan yang berada di Kartasura.

Liputan6.com, Sukoharjo - Wilayah Kabupaten Sukoharjo terdapat banyak peninggalan sejarah, salah satunya adalah petilasan raja-raja dahulu yang turut memerdekaan bangsa Indonesia.

Sebagai upaya pelestarian budaya, Polres Sukoharjo gelar bakti sosial (baksos) dengan membersihkan serta merevitalisasi situs budaya di Keraton Kartasura.

Kapolres Sihgit, AKBP Sigit menjelaskan bahwa kegiatan itu menggandeng masyarakat dan para relawan budaya yang peduli terhadap pelestarian warisan budaya daerah.

Dirinya menyebut hal tersebut juga sebagai upaya melestarikan nilai-nilai warisan budaya di wilayah Kota Jamu.

"Di sini kita bersama masyarakat berinisiatif untuk bersih-bersih untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya menjaga situs-situs bersejarah," kata Kapolres Sigit, Kamis (22/6/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situs Sejarah di Sukoharjo

Sigit menyatakan bahwa, dengan kolaborasi antara aparat kepolisian dan masyarakat diharapkan dapat merawat dan memulihkan situs-situs budaya yang telah lama terabaikan.

"Masyarakat dan relawan yang antusias sangat memperlihatkan komitmen mereka dalam melestarikan kekayaan budaya daerah," ucap dia.

Selama kegiatan, masyarakat nampak antusias membersihkan dan merapikan area di sekitar situs-situs budaya. Mereka membersihkan sampah, memotong rumput, membersihkan saluran air, dan melakukan perbaikan sederhana pada fasilitas yang rusak.

"Bentuk perhatian dan partisipasi kami dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya di Sukoharjo. Kami berharap dengan adanya revitalisasi ini, situs-situs budaya dapat menjadi lebih terawat," tuturnya.

Dirinya berharap semangat kebersamaan yang terjalin saat merevitalisasi situs budaya itu dapat terus berlanjut dan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan warisan budaya yang ada di wilayah Sukoharjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.