Sukses

Kedisiplinan ASN di Bone Bolango Kembali Disoroti Bupati Hamim

Paling berbahaya itu, ada ASN yang tanpa keterangan tidak datang ke kantor apalagi tidak ikut apel pagi.

Liputan6.com, Gorontalo - Tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) kembali disorot Bupati Hamim Pou. Pasalnya setelah mengecek masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dirinya melihat progres kehadiran ASN di beberapa OPD saat apel kerja setiap awal pekan, sangatlah rendah.

Dirinya menegaskan, masing-masing OPD harus melihat progres tentang kehadiran, apalagi saat apel kerja. Paling berbahaya itu, ada ASN yang tanpa keterangan tidak datang ke kantor apalagi tidak ikut melakukan apel pagi.

"Mudah-mudahan mereka sehat-sehat saja. Apalagi yang tidak ada keterangan,” kata Bupati Hamim Pou.

Hamim pun mengkhawatirkan para ASN yang tidak hadir tanpa keterangan itu, ada yang di luar daerah tanpa izin. Pergi ke mana-mana tidak memberitahu atasan atau tidak memberi tahu keluarga lalu seolah-olah tugas dari OPD.

“Saya kira ini tidak terulang terus pada kita semua. Anda semua harus bersyukur, semua hak-hak Anda dibayar tepat waktu, gaji, TPP, THR, dan gaji 13. Semuanya kita yang selalu lebih awal di Provinsi Gorontalo. Itu harus disyukuri, karena hak-hak Anda tak ada yang ditunda, apalagi dipotong,”tegas Hamim.

Selain itu, kata Bupati para ASN harus kerja bagus, berproduksi, output, income harus bagus itu baru adil namanya.

”Jangan kita ini senang sekali, saya lihat viral dimana-mana bagus juga, di-publish bagaimana komitmen pimpinan terhadap ASN, tapi harus sebanding dengan kinerja kita juga. Jadi ada timbal balik,”imbuhnya.

Dirinya mengaku, tidak mudah mengatur keuangan yang terbatas sekali. Semuanya serba minimalis, tapi ia selalu mendahulukan dan utamakan hak-hak ASN, tidak ada yang dipotong. Walaupun kita harus menunda kebutuhan-kebutuhan yang lain atau program-program yang lain.

“Itu harus dicamkan oleh seluruh ASN jajaran Pemerintah Kabupaten Bone Bolango. Di tempat lain banyak duitnya, tapi apakah mereka memiliki komitmen yang sama dengan kita disini. Jadi harus dicamkan oleh kita semua,”tegasnya.

Oleh karena itu, penting sekali memberi arah kepada kita yang hadir di sini terkait dengan output dan outcome dari kinerja kerja kita semua.

”Paling bagus hadir di apel, tapi juga kerjanya keren, apalagi sekarang serba digital. Saya suka ASN hadir di setiap apel, tapi juga berproduksi menghasilkan dari tugas-tugas yang dikerjakan,” tegasnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.