Sukses

5 Rekomendasi Tempat Menikmati Tengkleng Solo di Solo

Jika kamu berencana liburan ke Solo, kamu bisa menikmati tengkleng Solo di beberapa lokasi berikut

Liputan6.com, Solo - Tengkleng merupakan salah satu kuliner Solo yang cukup populer. Kepopuleran tengkleng bahkan bersanding dengan kuliner-kuliner khas Solo lainnya, seperti timlo solo, selat solo, nasi liwet, dan lainnya.

Tengkleng merupakan sajian berkuah yang menggunakan tulang dan daging kambing sebagai bahan dasar. Kuliner ini mirip seperti gulai karena memiliki kuah bumbu kuning dengan cita rasa gurih.

Kuliner ini banyak ditemukan di berbagai sudut di Kota Solo.

Jika kamu berencana liburan ke Solo, kamu bisa menikmati tengkleng Solo di beberapa lokasi berikut:

1. Tengkleng Bu Jito Dlidir

Warung Tengkleng Bu Jito Dlidir berlokasi di Jalan Kolonel Sugiyono No.67, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta. Warung ini dikenal dengan tengklengnya yang lezat.

Kuahnya sangat gurih dengan bumbu rempah yang begitu terasa. Selain itu, daging kambingnya pun cukup melimpah. Selain tengkleng, warung ini juga menyediakan menu lain, seperti sate, tongseng, maupun gulai.

2. Tengkleng Bu Pon

Warung Tengkleng Bu Pon berlokasi di Shelter Lojiwetan, Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Tengkleng kambing di sini memiliki menu dan varian yang cukup lengkap.

Dalam seporsi tengkleng berisi iga, sumsum, hingga bagian kepala kambing yang bisa dipilih dalam bentuk sate. Selain itu, tingkat kepedasan juga bisa dipilih sesuai keinginan pembeli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tengkleng Klewer Bu Edi

3. Tengkleng Klewer Bu Edi

Warung Tengkleng Klewer Bu Edi berlokasi di Jalan DR. Radjiman, Kauman, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Tempat makan ini cukup populer di kalangan masyarakat Solo maupun wisatawan.

Tengkleng di sini disajikan di atas pincuk, sehingga pengunjung bisa langsung menikmati kuahnya dari pincuk tersebut. Warung yang selalu ramai pembeli ini merupakan salah satu tempat legendaris karena sudah ada sejak 1970-an.

4. Tengkleng Rica Pak Manto

Warung Tengkleng Rica Pak Manto telah memiliki beberapa cabang, salah satunya di Jalan Honggowongso No.36, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta. Bagi pencinta makanan pedas, warung ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Namun, bagi yang tidak suka pedas juga tetap bisa menikmati varian tengkleng di warung ini. Bumbu rempah yang digunakan pun cukup terasa. Selain itu, gurihnya tengkleng di Tengkleng Rica Pak Manto juga merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

5. Tengkleng Mbak Diah

Warung Tengkleng Mbak Diah berlokasi di Desa Tanjunganom RT.002/RW.001, Kwarasan, Grogol, Tanjung Ongih, Kwarasan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Konon, keluarga Presiden ke-2 RI, Soeharto, menjadi pelanggan setia di warung ini.

Tengkleng di warung ini memang memiliki rasa gurih dan lezat dengan daging yang berkualitas. Selain itu, produk olahan kambing lainnya juga memiliki jaminan mutu.

Salah satu menu tengkleng khas di warung ini adalah tengkleng kepala kambing. Tengkleng ini memiliki kuah yang gurih dengan rasa kuat dan porsi melimpah.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini