Sukses

Rekomendasi Museum di Yogyakarta, Cocok untuk Menambah Wawasan Sambil Liburan

Berikut beberapa museum Yogyakarta yang bisa dijadikan pilihan destinasi saat liburan

Liputan6.com, Yogyakarta - Dari bayaknya destinasi wisata Yogyakarta, kota ini juga memiliki bangunan museum yang bisa dikunjungi sebagai salah satu pilihan destinasi saat liburan. Museum umumnya menyimpan barang-barang peninggalan bersejarah hingga arsip penting kebudayaan.

Museum sangat cocok dikunjungi untuk kamu yang gemar menjelajahi tempat wisata bersejarah. Selain berlibur, pengunjung juga bisa menambah wawasan dan ilmu baru.

Berikut beberapa museum Yogyakarta yang bisa dijadikan pilihan destinasi saat liburan:

1. Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta berlokasi di tengah Kota Yogyakarta dan dekat dengan Alun-alun Utara Yogyakarta. Bangunan berarsitektur khas Jawa ini memiliki berbagai macam koleksi, mulai dari peralatan rumah tangga, keris, tombak, wayang, gamelan, naskah kuno, foto, hingga lukisan.

Bahkan, beberapa koleksi tersebut ada yang sudah berusia 200 tahun. Salah satu koleksi yang banyak menarik perhatian wisatawan adalah perlengkapan jumenengan atau penobatan raja.

Perlengkapan tersebut terdiri dari dalang, sawung, galing, hardawalika, kutuk, kandil, kacu mas, dan cepuri. Perlengkapan tersebut dibuat dari bahan kuningan, sehingga memiliki warna kuning keemasan.

Selain itu, museum ini juga terbagi menjadi empat sub bagian, yakni Museum Sri Hamengku Buwono IX, Museum Kristal, Museum Batik, serta Museum Pameran Lukisan dan Foto. Berbagai macam koleksi ada di museum ini, mulai dari koleksi kristal keraton, koleksi batik, dan lainnya.

2. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo Unit 1 berlokasi di Jalan Pangurakan No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Museum ini juga bisa diakses dari dua pintu masuk, yaitu dari selatan Jalan Trikora No.6 Yogyakarta dan sebelah utara Jalan Ahmad Dahlan. Letaknya cukup strategis karena berada di dekat titik 0 KM Yogyakarta, Keraton Yogyakarta, Alun-alun Utara, dan Masjid Gedhe Kauman,

Adapun Museum Sonobudoyo Unit 2 terletak di Jalan Wijilan No.27D (Dalem Condrokiranan). Museum ini dekat dengan daerah sentra gudeg dan plengkung Wijilan.

Museum ini menyimpan koleksi keris berbagai bentuk dari berbagai daerah. Setidaknya, terdapat 1.200 koleksi keris yang bisa dilihat saat berkunjung ke Museum Sonobudoyo.

Selain itu, museum ini juga menyimpan berbagai koleksi budaya dan sejarah Jawa paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Selain keris, museum ini juga menyimpan keramik pada zaman Neolitik, patung perunggu dari abad ke-8, wayang kulit, hingga topeng Jawa. Pengunjung juga bisa menyaksikan pagelaran wayang setiap Selasa-Minggu malam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Museum Affandi

3. Museum Affandi

Museum Affandi berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Museum ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai seni atau tertarik mempelajari seni.

Museum ini dibangun untuk menghormati seorang Maestro Lukis Indonesia, Affandi. Beberapa koleksi yang bisa dilihat pengunjung adalah ratusan karya lukisan Affandi hingga koleksi lukisan pelukis lain, seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin. Selain itu, juga terdapat patung karya Amrus Natalsya dan cukil kayu poles karya keluarga Tjokot.

4. Museum Gunungapi Merapi (MGM)

Museum Gunungapi Merapi berlokasi di Jalan Kaliurang KM.22, Banteng, Pakem, Sleman, Kota Yogyakarta. Museum ini merupakan museum bersejarah yang berfungsi sebagai sarana pendidikan.

Museum ini dibangun pada 2005 atas kerjasama kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Pemerintah Propinsi DIY, dan Pemerintah Kabupaten Sleman. Baru pada 1 Oktober 2009 museum ini diresmikan dan pada 1 Januari 2010 dilakukan soft opening.

Museum ini dilengkapi dengan ruangan-ruangan yang mengambil tema volcano world, on the Merapi Volcano trail, manusia dan gunungapi, bencana gempabumi dan tsunami, bencana gerakan tanah, diorama, peralatan survey, extra-terrestrial volcano, film show, serta fasilitas penunjang lainnya.

5. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berlokasi di Jalan Boyong KM.25, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Kota Yogyakarta. Museum ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan bangsawan Dinasti Mataram yang terdiri dari Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaraan, dan Kadipaten Pakualaman. Museum ini juga memiliki berbagai macam koleksi batik, baik yang bergaya Yogyakarta maupun Surakarta. Selain itu, juga terdapat banyak koleksi peninggalan bersejarah, seperti lukisan, alat musik tradisional, foto, arsip, dan lainnya.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.