Sukses

Oknum Anggota Panwascam Diduga Menjadi Relawan Ganjar Pranowo

Diduga oknum anggota Panwascam juga aktif menjadi relawan bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Serang Diduga oknum anggota Panwascam juga aktif menjadi relawan bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo. Setidaknya, pria berjenggot itu pernah hadir dan berdiri di satu panggung saat deklarasi relawan capres PDI Perjuangan bernama Aliansi Nasionalis Nusantara (Antar) Banten.

Dalam beberapa foto media massa, dia berada di dekat Ganjar Pranowo, mengenakan kemeja putih dan tali kalung name tag berwarna hijau.

Bawaslu Banten, tidak akan mentolerir anggota pengawas pemilu jika terbukti aktif mendukung salah satu partai politik (parpol) ataupun bakal calon presiden (Bacapres), yang akan berlaga di Pemilu 2024 mendatang.

"Tidak bisa dibenarkan pengawas pemilu di setiap tingkatan itu kemudian terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang menunjukkan keberpihakan kepada salah satu peserta atau kontestan Pemilu 2024 nanti, baik partai politik ataupun calon kandidat yang akan berkontestasi nanti ya," kata Sam'ani, Komisioner Bawaslu Banten, di kantornya, Selasa (06/05/2023).

Bawaslu Banten telah mengumpulkan informasi awal dan menanyakan kebenaran informasi tersebut ke Bawaslu Kabupaten Tangerang. Sam'ani meminta laporan secepatnya dari wasit pemilu di Kabupaten Tangerang pada Rabu, 07 Juni 2023.

Klarifikasi dari Bawaslu Kabupaten Tangerang diperlukan untuk mengetahui apakah pria tersebut benar bertugas di kesekretariatan panwascam dan aktif menjadi relawan capres.

"Kalau lihat fotonya, dia menggunakan rompi pengawas pemilu, berati memang itu rompi yang biasa digunakan pengawas pemilu di tingkat kecamatan," kata Sam'ani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kepercayaan Publik

Bawaslu Banten tidak akan mentolerir tindakan diluar kewenangan pengawas pemilu. Netralitas penyelenggara dan wasit pemilu juga harus dijaga. Karena menyangkut kepercayaan publik terhadap Pemilu 2024 mendatang.

Sehingga, laporan dan klarifikasi terhadap pria yang diduga aktif sebagai relawan Ganjar Pranowo dan panwascam itu harus dilakukan secepat mungkin. Jika terbukti melanggar maka oknum tersebut terancam dipecat.

"Karena ini terkait dengan netralitas penyelenggara dan trush public, tentunya kami meminta Bawaslu Kabupaten Tangerang untuk segera merespon, kami minta besok udah ada hasil dari penelusuran dan klarifikasi tersebut," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini