Sukses

Mengunjungi Patung Buddha Tidur Terbesar di Mojokerto

Patung Buddha Tidur raksasa itu berada di dalam Maha Vihara Mojopahit di Desa Bejijong, Trowulan, Mojopahit.

Liputan6.com, Mojokerto - Patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia berada di Mojokerto, Jawa Timur. Patung yang menggambarkan detik-detik wafatnya Buddha Gautama ini dibangun pada 1993.

Patung Buddha Tidur raksasa itu berada di dalam Maha Vihara Mojopahit di Desa Bejijong, Trowulan, Mojopahit. Tepatnya, di sebelah selatan gedung Sasono Bhakti yang menjadi tempat sembahyang umat Buddha.

Patung Buddha Tidur tersebut pernah mendapatkan penghargaan MURI sebagai Patung Buddha terbesar di Indonesia pada 2021 dan disebut menjadi yang terbesar ketiga di Asia Tenggara.

Patung Buddha Tidur di Mojokerto memiliki ukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Patung berlapis kuningan kerap disebut Buddha Mahaparinibbana.

Pada sekeliling patung terdapat relief tentang perjalanan Buddha dalam mengajarkan dharma (pada bagian depan), dan mengenai hukum sebab akibat atau hukum karma (pada bagian belakang). Dahulu pada bagian bawah patung bisa digunakan untuk bermeditasi oleh pengunjung, namun sekarang sudah tidak lagi.

Pengunjung hanya diperbolehkan untuk melihat dengan jarak sampai pagar. Dikutip dari berbagai sumber, patung ini terbentuk dari beton yang kemudian dilapisi kuningan.

Patung Buddha Tidur ini juga dibangun menghadap ke selatan yang merupakan kiblat bagi umat Buddha. Di sekeliling patung dibangun pagar pembatas dan di bawah patung juga terdapat kolam ikan yang menambah keindahan sekelilingnya.

Patung Buddha Tidur ini, jadi ikon pada Ritual Pradaksina yaitu prosesi mengelilingi Patung Buddha, jelang Puncak Purnama peringatan Waisak. Patung berwarna emas itu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jatim.

Patung Buddha Tidur selalu ramai pengunjung setiap akhir pekan. Setiap pengunjung harus membayar sumbangan dana kebersihan Rp5.000 per orang untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini