Sukses

Datang ke Bonebol, Pj Gubernur Gorontalo Jalani Ritual Adat Mopotilolo, Apa itu?

Disambut bersama istri Fima Agustina, tradisi wajib mopotilolo berlangsung di Yiladia Bandayo Daa atau Rumah Dinas Bupati Bone Bolango, Jumat (26/5/2023).

Liputan6.com, Gorontalo - Prosesi upacara adat mopotilolo Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya berlanjut di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol). Disambut bersama istri Fima Agustina, tradisi wajib mopotilolo berlangsung di Yiladia Bandayo Daa atau Rumah Dinas Bupati Bone Bolango, Jumat (26/5/2023).

Mengenakan takowa dan galenggo hijau, Penjagub Ismail bersama istri disambut dengan tarian longgo atau tarian perang Gorontalo yang diiringi tabuhan genderang saat memasuki halaman Rudis Bupati. Kemudian, memasuki Rudis Bupati melalui tangga adat untuk prosesi selanjutnya.

“Saya sudah diterima secara adat di empat daerah, pertama Kabupaten Gorontalo, kemarin di Boalemo dan Pohuwato. Hari ini di Bone Bolango, setelahnya saya akan diterima secara adat di Gorontalo Utara,” kata Ismail.

Seperti prosesi mopotilolo yang sering dilaksanakan sebelumnya, upacara adat ini dimulai dengan penyerahan persembahan adat. Lalu, dilanjutkan dengan memberikan suguhan minuman dan makanan tradisional. Terakhir ditutup dengan pembacaan doa oleh tokoh agama.

Gorontalo itu memproklamirkan sebagai serambi madinah oleh karena itu kami menjunjung tinggi adat istiadat yang berlaku di daerah. Saya selaku putra daerah juga harus menjunjung tinggi adat istiadat ini,” ungkap Ismail.

Usai melaksanakan rangkaian prosesi adat mopotilolo, Penjagub Ismail bersama Istri kemudian akan bertolak ke Gorontalo Utara. Sama halnya kunjungan ini untuk melengkapi tatanan adat sebagai pejabat baru yang akan melaksanakan tugasnya di Provinsi Gorontalo.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membangun Bone Bolango

Selain berkunjung untuk kepentingan tugas dan kewajiban, Ismail mengatakan dirinya akan sering berkunjung ke Bone Bolango tepatnya di Kecamatan Suwawa Desa Bubeya untuk pulang ke rumah orang tuanya. Mengaku sangat senang bisa kembali, ia pun banyak mengenang masa kecilnya.

Putra Suwawa kelahiran 13 Januari 1969 ini juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Bone Bolango atas pembangunan yang selama ini dilakukan. Ia menilai daerah kelahirannya tersebut telah mengalami banyak kemajuan.

“Alhamdulillah saya lihat Danau Perintis tempat bermain waktu kecil sudah bagus, bukan seperti tempat yang saya kenal. Dulu danau itu masih penuh dengan pepohonan, tidak seperti sekarang,” kenang Ismail.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou juga mengaku senang atas kunjungan Penjagub Ismail. Ia turut mendoakan dan mendukung program Penjagub Ismail selama bertugas di Gorontalo.

“Kami siap mendukung dan bersinergi dalam segala hal pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan maupun pemerintahan yang akan dilaksanakan Penjagub Ismail, karena kita sama-sama Gorontalo,” tandas Hamim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.