Sukses

Ini Kata Plt Kadis Kominfo Gunungkidul soal BTS yang Viral di Giripanggung

PLT Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul angkat bicara soal BTS Komonfo yang mangkrak.

Liputan6.com, Gunungkidul PLT Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul angkat bicara soal BTS Program Bakti Kominfo yang terpasang di Puskesmas Tepus II di Giripanggung, Tepus, Gunungkidul yang viral dimedia sosial. Sekarang ini pihaknya kini melakukan tinjauan kelokasi.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Plt Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul, Kelik Yuniantoro menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan dan mendata lokasi tempat BTS dibangun. selain memeriksa peralatan, juga melihat kondisi BTS yang masih terpasang.

"Saya sudah menerjunkan petugas kelokasi untuk memeriksa keadaan disana, kita tunggu hasilnya," kata Kelik kamis (26/5/2023).

Kelik menyebut bahwa bantuan BTS tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Mulai dari pembangunannya, hingga teknis perawatan dan siapa yang bertanggung atas terpasangnya peralatan tersebut.

menurut Kelik, sejak dibangun pada tahun 2020 lalu hingga kini pihaknya belum diserahkan secara resmi kepada pemerintah kabupaten. Atas hal tersebut Dinas Kominfo Gunungkidul tak dapat melakukan apa apa.

"Belum diserahterimakan kepada kita, jadi kita hanya mengetahui terkait adanya BTS itu atau bagaimana perawatannya," jelasnya.

Pihaknya juga tak mengetahui secara pasti siapa yang mengerjakan proyek tersebut. Baik Vendor maupun rekanan yang mengerjakannya, terlebih spesifikasi peralatan BTS tidak dijelaskan secara pasti.

Langkah yang diambil dari Kominfo Kabupaten Gunungkidul sendiri sekarang sedang melakukan pendataan peralatan yang masih berada dilokasi untuk dilaporkan ke Kominfo Pusat. Sedangkan terkait peralatan yang belum dapat digunakan, pihaknya akan menuangkan dalam surat yang akan dikirimkan.

Berdasar dari data yang masuk, di Kabupaten Gunungkidul sendiri setidaknya ada 20 unit BTS yang dibangun dari Kementerian Kominfo yang tersebut di beberapa wilayah yang merupakan kawasan Blank Spot. Meski demikian, Kelik tak mengetahui secara pasti lokasi yang dibangun.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, lanjut Kelik, sangat berterimakasih bahwa wilayahnya mendapatkan bantuan BTS dari pemerintah pusat. Diharapkan, dengan dibangunnya BTS tersebut mampu membantu warga masyarakat dalam mengakses internet.

"Memang kawasan Blank Spot di Gunungkidul masih banya, BTS ini harusnya bisa membantu masyarakat. Namun demikian, masih banyak BTS yang belum dapat diginunakan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini