Sukses

Serbuan Teritorial Kodim 1309/Manado Menyasar Makam Tuanku Imam Bonjol di Minahasa

Serbuan teritorial juga menyasar kegiatan non fisik yaitu kegiatan serbuan teritorial karya bakti yang dilaksanakan di Makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol di Kabupaten Minahasa, Sulut.

Liputan6.com, Manado - Serbuan teritorial TNI Tahun Anggaran 2023 di Korem 131/Stg, bertempat di wilayah Kodim 1309/Manado resmi dibuka Danrem 131/Stg Brigjen TNI Wakhyono, Senin (22/5/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung di SMP Negeri 2 Pineleng, Desa Pineleng Satu, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Serbuan teritorial ini memiliki beberapa sasaran fisik yakni tiga rumah tidak layak huni (RTLH), satu masjid dan satu gereja yang dilaksanakan di wilayah Kodim 1309/Manado.

Serbuan teritorial juga menyasar kegiatan non fisik yaitu kegiatan serbuan teritorial karya bakti yang dilaksanakan di Makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol yang terletak di Desa Lota, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Kegiatan tersebut yang diikuti oleh personel Kodim 1309/Manado, Koramil jajaran Kodim 1309/Manado, Pemerintah Desa Lota serta masyarakat di sekitar Taman Makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol.

Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono mengatakan, sebagai satuan Komando Kewilayahan Prajurit Kodim 1309/Manado terus berkolaborasi dengan pemerintah serta masyarakat melaksanakan pembinaan teritorial dengan baik. Termasuk melakukan berbagai program teritorial sebagai wujud dari kepedulian Kodim 1309/Manado terhadap kondisi sosial di wilayahnya dan lingkungan sekitar.

“Karya bakti ini merupakan pembinaan teritorial Kodim 1309/Manado yang dilaksanakan secara terpadu dengan masyarakat setempat serta merupakan salah satu wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka serbuan teritorial Korem 131/Stg di wilayah Kodim 1309/Manado,” ujar Letkol HTL, sapaan Dandim Manado.

Dia mengatakan, serbuan teritorial karya bakti di Makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol bertujuan supaya masyarakat lebih peduli jasa pahlawan khususnya yang ada di Kecamatan Pineleng yakni Tuanku Imam Bonjol.

“Kegiatan ini harus tetap kita jalankan dalam rangka menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, serta sebagai sarana pembelajaran bagi para generasi penerus untuk menanamkan jiwa kebangsaan,” kata Laksono.

Salah satu masyarakat Rocky Pangemanan mengapresiasi kegiatan serbuan teritorial karya bakti yang dilaksanakan oleh Kodim 1309/Manado.

“Dengan adanya kegiatan karya bakti ini, semoga kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi dengan mengundang siswa sekolah sehingga bisa menghargai dan lebih peduli jasa para pahlawan,” tutur Rocky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.