Sukses

Bunga Melati, Yuk Cari Tahu Sejarah dan Maknanya!

Ada lebih dari 200 spesies melati dan saat ini tanaman harum tumbuh di iklim hangat di seluruh dunia. Ahli botani percaya tanaman melati (Jasminum officinale) berasal dari Himalaya Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Bunga melati sering diidentikan dengan mistis. Namun, sebenarnya bunga yang satu ini memiliki makna yang indah ketimbang dunia mistis. Yuk cari tahu beberapa makna dari bunga melati!

Ada lebih dari 200 spesies melati dan saat ini tanaman harum tumbuh di iklim hangat di seluruh dunia. Dengan bunganya yang berbentuk bintang dan harumnya yang manis, melati adalah bunga yang populer.

Karena popularitasnya lintas budaya, melati memiliki makna simbolis dan spiritual yang penting bagi banyak orang. Faktanya, makna bunga ini menjadi salah satu alasan kenapa nama Jasmine menjadi sangat populer. 

Ahli botani percaya tanaman melati (Jasminum officinale) berasal dari Himalaya Asia. Dari sana, para pelancong dan pedagang menyebarkan bunga harum ke arah barat ke Kaukasus dan Timur Tengah, di mana akhirnya menyeberangi Laut Merah melalui jalur pelayaran perdagangan.

Di Timur Tengah melati mendapatkan nama populernya – yasmin, atau yang dalam bahasa Arab memiliki arti “bunga harum”. Pada 1000 SM, melati populer di Mesir dan kemudian Yunani, akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Makna Bunga Melati

1. Cinta

Bunga melati adalah simbol cinta karena beberapa alasan. Sebagai permulaan, banyak yang akan menggambarkan aromanya yang kuat sebagai memabukkan, sama seperti perasaan jatuh cinta.

Selain itu, sebagai tanaman rambat yang berkelok-kelok, melati melambangkan pasang surut hubungan asmara, yang dapat bertahan dalam ujian waktu dan terus berkembang. Selain itu, meskipun melati hadir dalam beberapa warna berbeda, melati putih adalah simbol awal yang baru.

Dengan demikian, bunga melati adalah pilihan populer di karangan bunga pengantin. Selain itu, bunga yang indah mengingatkan kita bahwa hubungan lama pun bisa menjadi baru lagi.

2. Kemurnian

Minyak atsiri yang berasal dari bunga melati dapat melawan infeksi. Selain itu, teh melati menawarkan manfaat kesehatan, seperti membantu mencegah kanker dan diabetes.

Karena kualitas dan kemampuan melati untuk menyegarkan udara, bunga ini juga merupakan simbol kesucian. Bahkan, praktisi dari berbagai agama spiritual, dari Timur ke Barat, menempatkan bunga melati di kuil, gereja, dan tempat ibadah lainnya sebagai simbol kemurnian spiritual dan iman.

3. Feminin

Bunga melati telah lama dikaitkan dengan feminitas dan keibuan. Melati memiliki khasiat obat yang dapat membantu meringankan gejala menstruasi dan nyeri saat melahirkan.

Selain itu, beberapa penyembuh holistik mengatakan bahwa melati dapat membantu kesuburan. Karena merupakan simbol kekuatan feminin, bunga melati sering digunakan untuk menghormati tokoh-tokoh dewi, antara lain Perawan Maria, dewi Buddha Tara, dewi Hindu Shri Durgadevi, dan lain-lain.

4. Sensualitas

Dikenal karena kualitas afrodisiaknya, melati juga merupakan simbol sensualitas. Aromanya yang kuat dapat menyalip indera dengan efek euforia, menarik Anda sebelum sepenuhnya sadar apa yang Anda alami.

5. Kesopanan

Karena beberapa spesies melati hanya mekar di malam hari, bunga ini juga menjadi simbol kesopanan. (Meskipun “melati yang mekar di malam hari” sebenarnya adalah bagian dari keluarga tanaman yang berbeda yang disebut Solanaceae, yang berarti nuansa malam.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini