Sukses

Jokowi Akui Terima Banyak Laporan Jalan Rusak dari Medsos, Ada 7.400 Lokasi

Presiden Jokowi mengaku banyak menerima informasi jalan rusak dari Dinas Pengerjaan Umum (PU) serta dari masyarakat langsung lewat media sosial (medsos), seperti akun medsos Instagram, Twitter, dan Facebook.

Liputan6.com, Labuhan Batu Utara Presiden Jokowi mengaku banyak menerima informasi jalan rusak dari Dinas Pengerjaan Umum (PU) serta dari masyarakat langsung lewat media sosial (medsos), seperti akun medsos Instagram, Twitter, dan Facebook.

"Lewat PU ada, semua medsos yang saya miliki, juga dapat. Kemarin saya cek, untuk jalan rusak saja ada 7.400 lokasi yang masuk ke IG, Twitter, dan Facebook," kata Jokowi saat mengecek jalan rusak di Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (17/5/2023).

Setelah mendapat laporan tersebut, Jokowi langsung melakukan kroscek. Ternyata, hasilnya sama. "Kalau PU mengatakan jalan ini, di sini, ya sama," ujarnya.

Diungkapkan Jokowi, jalan rusak menjadi prioritas pengerjaan. "Sebab kalau tidak jadi prioritas, bagaimana," ujarnya.

Diakuinya, data lapangan tidak akan beda jauh, makanya mana yang diproritaskan, apakah rusak berat. Utamanya jalan produksi, penting. Jalan logistik, penting. Harus didahulukan, karena menyangkut biaya logistik, menyangkut biaya ptoduksi, menyangkut inflasi, semuanya.

Setelah Sumut, Jambi, dan Lampung, Jokowi akan mengecek ke lokasi lainnya. "Segera kita cek, langsung mulai," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek Jalan Rusak di Labuhan Batu Utara

Jokowi mengecek jalan rusak di Kabupaten Labuhan Batu Utara, tepatnya di Desa Sialang Taji, Kecamatan Waluh Selatan.

Didampingi Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, Bupati Labuhan Batu Utara, Hendriyanto Sitorus, dan sejumlah menteri, Jokowi langsung mengecek jalan rusak.

Kepada wartawan, Jokowi mengatakan kali ini dirinya berada Sumut, tepatnya di Labuhan Batu Utara untuk mengecek jalan rusak.

"Yang kita lihat di Sumut, jalan nasional ada 2.600 Km, yang rusak kira-kira 260 Km. Kedua, jalan provinsi ada 3.005 Km, yang rusak kira-kira 340 Km," kata Jokowi.

Disebutkan Jokowi, jalan kabupaten di Sumut banyak yang rusak. Dari 33.000 Km jalan kabupaten di Sumut, yang rusak 13.000 Km.

"Salah satunya ini yang kita lihat, di Labuhan Batu Utara (Labura)," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Segera Diperbaiki

Diungkapkan Jokowi, di lokasi yang diceknya kali ini, jalan rusak ada 13 Km. Kemudian yang menuju ke Tanjung Ledong 17 Km dengan keadaan yang kurang lebih sama.

"Nah, ini yang akan segera kita perbaiki. Nanti akan dimulai perbaikan lapangannya paling lambat Juli 2023," ucapnya.

Disebutkan Jokowi, semua yang di Sumut tetap sama dibagi-bagi pengerjaannya. Ada yang dikerjakan Gubernur, ada yang dikerjakan Bupati, dan ada yang diambil alih oleh pusat.

"Yang kira-kira provinsi, kabupaten, atau kota, tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakan," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Alasan Peninjauan

Disoal Sumut sebagai urutan pertama kondisi jalan rusak paling parah di Indonesia, Jokowi menegaskan itulah alasannya turun langsung untuk mengecek ke lapangan dan segera diperbaiki.

"Tapi ini perlu waktu. Karena angkanya saya kira sudah tahu semuanya, banyak. Tidak hanya di Sumatera Utara, di provinsi lain kurang dan lebih, mirip-mirip," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini