Sukses

Ribuan Warga Solo Pesta Pora Sambut Kemenangan Timnas di Depan Kantor Wali Kota Gibran

Ribuan warga Solo merayakan kemenangan Timnas U-22 Indonesia setelah berhasil mengungguli Thailand dengan skor 5-2 di final sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja.

Liputan6.com, Solo - Ribuan warga dan elemen suporter Persis Solo merayakan kemenangan Timnas U-22 Indonesia yang berhasil mencundangi Thailand dalam pertandingan final cabang olahraga sepakbola SEA Games 2023. Mereka merayakan kesuksesan Timnas U-22 dengan menyalakan kembang api hingga membentangkan bendera Merah Putih raksasa di depan Balai Kota Solo, Selasa malam (16/5/2023).

Warga yang berbaur dengan para suporter itu berkumpul di depan Balai Kota Solo tepatnya di kawasan koridor Jenderal Sudirman sejak pukul 18.30 WIB. Mereka memadati kawasan tersebut untuk nonton bareng (nobar) pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 melalui videotron milik Bank Negara Indonesia (BNI) yang terpasang di seberang jalan depan Balai Kota Solo.

Ribuan peserta nobar duduk dengan tertib menyaksikan siaran pertandingan final. Akses lalu lintas yang melintasi kawasan depan Balai Kota Solo ditutup mulai dari Jalan Jenderal Sudirman depan Kantor Bank Indonesia Solo hingga kawasan depan Pasar Gede, Solo. Sejumlah petugas keamanan gabungan dari TNI dan Polri tamak berjaga di sepanjang jalan yang digunakan untuk nobar tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wakil Gibran Ikut Nobar

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa tampak bergabung ikut nobar bersama dengan ribuan pendukung Timnas Indonesia di depan Balai Kota Solo. Mereka bersorak-sorak dan meneriakkan yel-yel untuk memberikan dukungan kepada skuad anak asuh Indra Sjafri yang sedang berlaga di final cabang sepakbola SEA Games 2023 di Kamboja.

Saat peluit panjang ditiup wasit sebagai tanda pertandingan selesai dengan skor akhir 5-2 untuk kemenangan Irfan Jauhari dan kawan-kawan, ribuan warga dan suporter yang mengikuti nobar langsung berdiri dan memberikan tepuk tangan kepada punggawa Timnas Indonesia.

Setelah itu, sejumlah elemen suporter Persis Solo langsung menyalakan flare untuk merayakan kemenangan Timnas U-22 juara. Tak hanya itu, ribuan peserta nobar juga membentangkan bendera Merah Putih raksasa. Suasana di depan balai kota pada malam itu kian bergemuruh ketika banyak peserta nobar yang menyalakan kembang api untuk merayakan kemenangan itu.

3 dari 3 halaman

Jantung Berdebar

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa turut ikut merayakan kemenangan Timnas U-22 usai sukses menekuk Thailand dengan skor 5-2. Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga dan suporter yang memberikan dukungan dengan nobar melalui videotron milik BNI yang terpasang di seberang Balai Kota Solo. "Selamat buat timnas. Ini menjadi sejarah bagi Indonesia dan suporter ini menjadi saksi sejarah Timnas Indonesia yang menjadi juara SEA Games," ucapnya.

Sementara itu salah satu peserta nobar, Heri mengaku sangat bangga dengan hasil kemenangan yang diraih Timnas Indonesia saat melawan Timnas Thailand. Pertandingan yang berlangsung dengan sengit menyebabkan ia dan teman-temannya senam jantung. Apalagi ditambah dengan pertandinga tambahan waktu lantaran Thailand berhasil menyamakan kedudukan 2-2 di babak kedua.

"Ini benar-bener bikin deg-degan pertandingan timnas melawan Thailand. Alhamdulillah Indonesia berhasil menang," ucapnya bersyukur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.