Sukses

5 Kuliner Pangandaran Mengoyang Lidah yang Wajib Dicicipi

Jika tertarik wisata kuliner Pangandaran, berikut rekomendasi kuliner Pangandaran.

Liputan6.com, Bandung - Pangandaran merupakan salah satu tempat tujuan wisata menarik di Jawa Barat. Daerah Pangandaran dikenal memiliki derentan pantai yang indah dan air laut yang jernih.

Daerah ini juga disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Selain beragam tempat wisata menarik, Pangandaran juga memikiki berbagai macam kuliner terkanal.

Terlebih aneka olahan hewan laut ayau seafood yang dijamin dapat menggoyang lidah. Jika tertarik wisata kuliner Pangandaran, berikut rekomendasi kuliner Pangandaran yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Ikan asin jambal roti

Ikan asin memang populer hampir di semua daerah pesisir di Indonesia, termasuk daerah Pangandaran. Masyarakat setempat mengolah ikan asin jambal roti sebagai ikan asin khas Pangandaran ini.

Namun, ikan asin jambal roti sangat berbeda dibandingkan ikan asin lainnya. Ikan asin jambal roti terbilang lebih gurih dan teksturnya seperti roti empuk.

Nama jambal roti diambil dari kata “Jambal” yang berarti ikan asin dan “Roti” karena dagingnya yang lembut dan mudah hancur pada gigitan pertama akibat perubahan tekstur setelah digoreng seperti roti. Jambal roti terbuat dari ikan manyung.

Pembuatan ikan asin jambal roti ini melalui proses penggaraman selama beberapa hari, sehingga menghasilkan rasa asin yang maksimal. Kemudian dijemur sampai benar-benar kering.

Tekstur khas seperti pasir serta aroma yang harum dan khas membuat produk olahan ini digemari masyarakat. Ada banyak cara menyajikan ikan asin jambal roti tergantung selera masing-masing, mulai dari ditumis hingga diolah dengan kuah serupa sup.

Ikan asin hambal roti juga cocok menjadi oleh-oleh khas Pangandaran. Harganya cukup terjangkau sekitar Rp50.000-Rp130.000.

2. Soto ayam Jarkoni

Kuliner Pangandaran yang melegenda selanjutnya adalah soto ayam Jarkomi. Berbeda dengan soto lainnya, kuah soto ayam Jarkomi lebih gurih karena ditambah bumbu kuning yang melimpah.

Selain itu soto ayam Jarkomi hanya menggunakan daging ayam betina. Soto ayam Jarkomi berlokasi di Pasar Pananjung, Taman Pesona Pangandaran, atau berada di samping kantor Bappeda Pangandaran.

Dalam satu mangkuk, pengunjung akan mendapatkan soto lengkap berisi irisan daging, bihun, serta kerupuk berwarna merah. Tersedia pula kecap, sambal, jeruk nipis, dan potongan daun bawang sebagai pelengkapnya.

Soto ayam janrkoni buka setiap hari mulai pukul 05.30-21.00 WIB. Harga semangkuk soto ayam Jarkoni dibanderol Rp17.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warung Sate Galunggung

3. Warung Sate Galunggung

satai atau sate galunggung merupakan makanan khas pangandaran yang cukupp legendaris. Warung satai ini menyajikan berbagai varian satai, muali dari satai ayam, sapi dan kambing.

Warung satai ini sudah ada sejak 1970. Ciri khas dari warung satai ini adalah bumbu kacang yang legit dan kental. Potongan dagingnya besar-besar, jadi akan terasa kenyang saat memakannya.

Selain satai, Warung Sate Galunggung juga menjual menu lain, seperti sup kambing, sup buntut dan sup kaki sapi. Aneka menu satai dan sup di tempat ini dibanderol mulai dari Rp20.000.

Sate Galunggung berlokasi di Jalan Kidang Pananjung, Pangandaran depan kantor Telkom Pangandaran dan buka pukul 10.00-22.00 WIB setiap harinya.

4. Nasi liwet jolem

Nasi liwet jolem merupakan kuliner Pangandaran yang wajib dicicipi selanjutnya. Makanan khas ini berupa nasi campur sederhana yang diolah bersama jantung pisang.

Meski terlihat sederhana, kuliner Pangandaran ini merupakan resep lelihur yang masih eksis hingga saat ini. Para wisatawan dapat dengan mudah menemukan kuliner ini di warung makan Sunda atau Seafood.

Nasi liwet Jolem memang berbeda dengan bumbu nasi liwet biasa. Nasi liwet seperti biasa hanya pakai salam, sereh, dan bawang merah serta bawang putih.

Sedangkan nasi liwet jolem biasanya menggunakan jantung pisang. Namun untuk menambah citra rasa, saat ini nasi Jolem populer ditambah ikan mujair.

5. Pindang gunung

Pindang adalah kuliner khas Pangandaran yang paling terkenal di wilayah Jawa Barat. Pindang merupakan sup ikan.

Ciri khas masakan khas ini terdapat pada bumbu rempah yang melimpah. Olahan pindang gunung merupakan resep masakan para nelayan karena cara pembuatannya sangat sederhana.

Pindang gunung diolah dengan kuah kuning ditambah dengan kecombrang atau honje. Cita rasa pindang gunung lebih terasa gurih dan sedikit pedas.

Ikan yang digunakan untuk membuat pindang gunung sangat beragam. Untuk menikmati olahan ikan pindang gunung, wisatawan bisa menikmatinya diseluruh tempat rumah makan yang ada di Pangandaran.

Menu ikan pindang gunung hampir tidak absen di berbagai restoran olahan seafood. Harga di setiap restoran sangat bervariatif, mulai Rp20.000-Rp40.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini