Sukses

Profil Ustaz Hanan Attaki yang Berikrar Gabung NU

Ustaz Hanan Attaki telah resmi bergabung menjadi anggota Nahdlatul Ulama (NU) pada Kamis (11/5/2023).

Liputan6.com, Bandung - Ustaz Hanan Attaki telah resmi bergabung menjadi anggota Nahdlatul Ulama (NU) pada Kamis (11/5/2023). Ia telah mengikrarkan dirinya dalam acara Halal Bihalal 1444 Hijriyah di hadapan Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Marzuki Mustamar.

Ikrar ini juga disaksikan oleh seluruh jemaah yang hadir. Marzuki Mustamar turut membacakan ikrar tersebut seraya diikuti oleh Hanan Attaki.

Setelah resmi menjadi bagian dari NU, Hanan Attaki mengungkapkan jika malam tersebut malam terbaik baginya.

“Alhamdulillah, malam ini adalah malam terbaik dalam hidup saya sejak ibu melahirkan saya. Karena bagi seorang mukmin dia dilahirkan dua kali, pertama jasadnya oleh orang tua biologisnya, kedua dilahirkan ruhiyahnya oleh gurunya atau mursyidnya,” ujarnya mengutip dari NU Jatim.

Hanan Attaki menyampaikan, saat melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci kemarin dirinya juga selalu berdoa agar dipertemukan dengan mursyid atau murobbi yang bisa membimbingnya menuju dakwah di jalan-Nya.

"Sepulang umrah saya mudik ke Jawa Timur, ke kampung istri di Tuban. Lalu, istri saya bilang bahwa Kiai Marzuki merupakan gurunya saat belajar di Malang. Kemudian istri saya ajak tabarruk, tanpa berpikir panjang langsung berangkat," tambahnya.

Hanan Attaki juga merasa terharu karena dakwah lembut yang disampaikan KH Marzuki Mustamar dalam menjelaskan konsep dakwah yang diajarkan ulama Ahlussunnah wal Jamaah yang sudah bertahan 100 tahun lebih.

“Akhirnya, saya minta izin untuk diangkat menjadi murid beliau. Insyaallah, mulai detik ini akan saya syiarkan ajaran Aswaja ala NU kepada muslimin, khususnya anak-anak muda di Indonesia," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa Hanan Attaki?

Hanan Attaki adalah seorang ustaz yang terkenal di kalangan para anak muda karena topik ceramah yang ia bawakan mudah dimengerti dan ringan untuk para anak muda.

Ia merupakan pendiri komunitas Pemuda Hijrah yang banyak diikuti oleh para anak-anak muda muslim Indonesia.

Hanan Attaki mempunyai nama lengkap Tengku Hanan Attaki. Lahir di Aceh pada 31 Desember 1981.

Ia menikahi Haneen Akira dan mempunyai tiga orang anak bernama Maryam, Aisyah, dan Yahya.

Hanan Attaki sendiri merupakan anak kelima dari enam orang saudara.

 

3 dari 3 halaman

Perjalanan Karier

Hanan Attaki sejak masih anak-anak sudah dekat dengan Al Quran. Ia dikenal cerdas dan bahkan mendapatkan beasiswa untuk pendidikannya.

Dia juga banyak menjuarai berbagai Musabaqah Tilawatil Quran di daerahnya. Menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh.

Kemudian, mendapatkan beasiswa ke Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir karena prestasinya tersebut.

Namanya semakin dikenal sebagai ustaz karena ceramahnya yang mudah untuk dipahami terutama bagi para anak muda. Banyak anak muda yang telah mengikuti Hanan Attaki karena cara ceramahnya.

Ia pun mendirikan Gerakan Pemuda Hijrah di Bandung pada Maret 2015 dan mempunyai beberapa akun media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter. Sampai saat ini Hanan Attaki masih menjadi ustaz yang diikuti oleh para anak muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.