Sukses

Memaknai ‘Make Lupus Visible’, Tema Hari Lupus Sedunia 2023

Tema Hari Lupus Sedunia 2023 adalah "Make Lupus Visible".

Liputan6.com, Jakarta - Hari Lupus Sedunia adalah peringatan tahunan yang jatuh pada 10 Mei untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit lupus. Penyakit ini diderita lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia.

Hari Lupus Sedunia diprakarsai pada 2004 oleh Lupus Foundation of America. Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang lupus, menyatukan kelompok-kelompok lupus di seluruh dunia, dan menyampaikan pesan yang kuat tentang dampak fisik, ekonomi, emosional, dan sosial dari lupus pada individu dan keluarga.

Peringatan ini juga menekankan pentingnya peningkatan layanan kesehatan pasien, penelitian yang lebih baik tentang penyebab dan pengobatan lupus, diagnosis dan pengobatan yang lebih dini, serta data epidemiologi yang lebih baik tentang lupus secara global.

Tema Hari Lupus Sedunia 2023 adalah "Make Lupus Visible". Tema ini dipilih untuk mengajak masyarakat lebih sadar tentang diagnosis lupus dan konsekuensi psikologis, sosial, dan ekonomi yang diakibatkannya.

Fokus kampanye ini juga mendesak Organisasi Kesehatan Dunia dan pemerintah di seluruh dunia untuk meningkatkan pemahaman dan dukungan bagi para penyintas lupus.

Dengan mengangkat tema ini, diharapkan masyarakat lebih memahami pentingnya penelitian dan dukungan terhadap penderita lupus, sehingga penyakit ini dapat segera ditangani dan kualitas hidup penderita lupus dapat ditingkatkan.

Lupus adalah penyakit autoimun kronis yang menyerang sistem imun di mana jaringan tubuh dianggap sebagai benda asing. Penyakit ini dianggap berbahaya dan berpotensi merenggut nyawa seseorang.

Lupus dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada sistem jaringan tubuh, serta kerusakan organ penting seperti sel darah dan paru-paru.

Gejala lupus dapat bervariasi pada setiap orang, termasuk nyeri sendi, demam, ruam kulit, dan kerusakan organ manapun.

Pada Hari Lupus Sedunia, masyarakat di seluruh dunia diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan pemahaman tentang penyakit lupus serta memberikan dukungan dan semangat bagi para penderita lupus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Memperingati Hari Lupus Sedunia

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Lupus Sedunia. Pertama, kamu bisa hadir di dalam acara yang diselenggarakan oleh komunitas lupus.

Kedua, kamu bisa menggunakan pakaian berwarna ungu, karena warna tersebut identik dengan Hari Lupus. Selain itu, kamu juga bisa membeli gelang khusus dengan kalimat 'Bantu Kami Memecahkan Misteri yang Kejam'.

Ketiga, kamu bisa memberikan donasi pada Badan Amal Lupus. Keempat, kamu bisa mengubah gambar profil Facebook atau media sosial lainnya menjadi logo Hari Lupus Sedunia.

Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan penyakit lupus dan mendukung penelitian lupus serta program pendidikan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan semangat dan kekuatan untuk para pasien penderita lupus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.