Sukses

Kalteng Raih Penghargaan ESQ, Ary Ginanjar Apresiasi Kemendagri Gaungkan Ber-AKHLAK

Ary Ginanjar mengapresiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di bawah kepemimpinan Mendagri Tito Karnavian bersama jajarannya yang responsif menggaungkan Core Values ASN Ber-AKHLAK.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri ESQ Ary Ginanjar Agustian memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) yang meraih juara 1 Nasional Nilai Harmonis dari ESQ Group/Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International.

Menurut Ary, keberhasilan ini dilandasi atas keseriusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di bawah kepemimpinan Mendagri Tito Karnavian bersama jajarannya yang responsif menggaungkan Core Values ASN Ber-AKHLAK serta employer branding "Bangga Melayani Bangsa" sejak diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Juli 2021.

"Selamat Pak Tito, Pak Suhajar bersama jajaran yang sukses menyebarkan Core Values BerAKHLAK ini. Tak lupa, saya ucapkan terimakasih kepada Karo Ortala Kemendagri Supraytino atas dedikasinya selama ini. Semoga sehat selalu," ujar Ary saat penyerahan piagam penghargaan di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Ia juga menyampaikan bahwa kecepatan Kemendagri dalam mengimplementasikan nilai-nilai ASN yang baru ini di lingkup setiap pemda menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Ary menjelaskan, hasil penilaian ini dilatarbelakangi oleh ESQ Group/ACT Consulting International yang mendapat amanah dari KemenPANRB untuk mengukur kesehatan budaya kerja (penerapan core values BerAKHLAK) di seluruh Kementerian, Lembaga, Pemkab, Pemprov, Pemkot dan lainnya termasuk Palangka Raya.

"Kami ACT Consulting International diminta KemenPANRB untuk melakukan asesmen terbesar, sehingga mendapat rekor MURI. Ada 4,5 juta ASN yang kami ukur bagaimana implementasi BerAKHLAKnya," ucapnya.

"Pengukurannya dengan cara Survei. Tanpa intervensi, tanpa pengaruh dari siapapun dan murni penilaiannya oleh bapak ibu sendiri di Pemprov Kalteng (3048 responden)," lanjut Ary.

Diketahui, Pemprov Kalteng berhasil menorehkan Prestasi untuk kategori Pemerintah Daerah yaitu Juara 1 Nasional nilai Harmonis dari ACT Consulting International yang berkolaborasi dengan KemenPANRB.

Ary Ginanjar memberikan piala dan piagam penghargaan secara langsung kepada Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo di Menara 165 Jakarta, Rabu (3/3/2023).

"Saya ucapkan selamat kepada Pemprov Kalteng karena menempati posisi juara 1 di antara Pemerintah Provinsi dengan indeks implementasi nilai harmonis. Harmonisnya terbaik di seluruh Indonesia, angkanya pun sangat bagus," kata Ary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.